Perjalanan ke Taman Wisata Pusuk Sembalun Lombok Nusa Tenggara Barat

 

Taman Wisata Pusuk Sembalun Lombok NTB (Foto.Ist)

DAMARIOTIMES. Pulau lombok yang terus berkembang  menjadi tujuan wisata yang semakin tumbuh dan diminati turis mancanegara. Salah satunya adalah daerah destinasi wisata yang dikenal dengan nama Sembalun.

Tim kunjungan kerja ke FKIP Universitas Mataram, UIN Mataram, dan museum NTB dari Fakultas Sastra UM disela-sela waktu tugas menyempatkan untuk berkunjung ke Sembalun.    Perjalanan dari tempat menginap, di hotel Holiday Resort Senggigi ke Sembalun kurang lebih 2 jam naik mobil.

Selama perjalanan yang ditemani oleh tour guide travel menunjukan tempat-tempat yang unik. Kanan kiri jalan salah satunya masjid. Masyarakat di Lombok dalam membangun rumah tidak lebih tinggi dan bagus dari Masjid. Melintas di daerah Gunungsari banyak perajin bambu, mereka sangat pandai mengolah bambu menjadi berbagai barang rumah tangga. Keunikannya perajin di Gunungsari membuat bambu biasa menjadi bambu tutul.

Kita sampai di Rembiga, daerah yang terkenal dengan sate, yaitu sate Rembiga. Sate sapi yg terasa manis-manis pedas. Perjalanan masih melintas ke daerah pemukiman penduduk, kanan kiri sesekali terlihat mini market Alfamat atau Indomaret, dan juga perempatan jalan yang cukup padat lalu lintasnya.

Sembalun ini berada di dataran tinggi, maka perjalanan kami menggunakan mini bus yang berisi 13 orang, selama perjalanan tampak semakin menanjak, beberapa tempat melintasi tikungan tajam. Salah satunya melintas di daerah Armada, yang disebut kota air, ditempat ini juga penghasil buah-buahan, yang terkenal adalah manggis. Kuliner ini disini sate bulayak, sate dari usus sapi.

Kita sampai di taman Armada, salah satu tempat untuk rekreasi para Raja di Lombok. Bagi Raja yang sudah tidak lagi memungkinkan pergi kegunung Rinjani, maka cukup tinggal di taman Armada.

Perjalanan ini kearah gunung Rinjani, Sembalun merupakan taman destinasi wisata alam yang ada di Lereng Gunung Rinjani. Selama perjalanan yang semakin menanjak, tampak hamparan sawah yang hijau, sesekali diselingi pemukiman penduduk. Karakteristik bangunannya sudah bersifat umum yang sesekali tampak nuansa Bali. Perjalanan ini sesudah kurang lebih 30 menit. Jarak yang ditempuh dari penginapan sampai Sembalun kurang lebih 100 km.

Masuk wilayah Lombok timur, terkenal penghasil tembakau, transportasi yang unik disebut Cidomo (Cikar Dokar Motor). Lalu lintas umum cukup ramai, pemukiman penduduk juga tampak padat. Sesekali beberapa tempat tampak menara Masjid yang menjulang tinggi. Sepanjang jalan yang dilalui banyak took-toko dan warung makan, bahkan juga pembangunan drainase yang memperlambat lajunya kendaraan.

Perjalanan sampai terus menanjak dan berkelok, kanan diri semuanya sawah, dan ditumbui banyak pohon kelapa. Daerah sudah memasuki daerah taman nasional Gunung Rinjani, pohon-pohon besar besar dan penuh tumbuhan liar, sinar matahari juga terhalang, terasa gelap, dan suhu udara mulai dingin.

Beberapa sinyal HP juga sudah tidak tertangkap. Kabur juga menghalangi perjalanan, selain itu juga banyak monyet ekor panjang yang kadang menghadang kendaraan, Tanjakan terakhir sama sampai di pusuk Sembalun, daerah ini disebut Negara diatas awan, letak di Desa sembalun ada dibagian bawah, tempat ini sangat pekat kabutnya.

 

Reporter: Harda Gumelar
Editor: Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Perjalanan ke Taman Wisata Pusuk Sembalun Lombok Nusa Tenggara Barat"