Mistri Rumah Tua Desa Sambigede yang Berdiri Sejak Zaman Belanda

Rumah tua yang tidak dihuni (foto Ist.)
            DAMARIOTIMES - Berbicara mengenai rumah tua memang selalu menarik, melihat dari sisi mistis, dan juga historis. Sudah barang tentu rumah tua peninggalan dari masa lalu, dimungkinkan rumah tua tersebut memiliki arti tersendiri bagi pemiliknya. Ada beberapa jenis rumah tua, diantaranya adalah rumah tua yang terbengkalai, tidak berpenghuni di wilayah Kabupaten Malang.

Rumah tua yang terawat dan berpenghuni, berbeda dengan rumah tua yang satu ini, karena jika dilihat dari tampak luar terlihat terawat namun tidak berpenghuni. Rumah ini berada didekat rumah penulis, yaitu beralamat jalan raya Sambigede Rt 01/Rw 01 Desa Sambigede, Kecamatan Sumber Pucung, Kabupaten Malang. Rumah tersebut berjarak hanya 3 rumah dari tempat tinggal saya, atau masih bisa dibilang tentangga. Rumah ini sudah ada sejak sebelum kemerdekaan Republik Indonesia dan sudah 24 tahun tidak berpenghuni. Tentunya rumah yang kosong itu bisa terkesan horror.

Pak Harnowo atau biasa dipanggil pak Har, beliau adalah pemilik asli dari rumah ini, namun pak Harnowo memilih tidak menempati rumah ini dan tinggal dirumah anaknya, karena beliau kerap kali merasakan hal – hal mistis, seperti merasa ada yang mengikuti namun sebenarnya beliau hanya sendiri dirumah, terdapat bunyi bunyi ketokan pintu dan hal mistis lainnya, mengingat ini adalah bangunan tua. Namun pak Harnowo beberapa kali datang untuk merawat rumah ini, seperti mengecat, membersihkan jendela, dan memotong pohon yang berada tepat di depan rumah, bahkan memasang pagar pada garasi yang ada sebelah rumah.

Halaman yang luas dan ada bangkai mobil (foto ist.)

Tidak hanya hal mistis saja yang membuat rumah ini menarik untuk dibahas, namun ada peninggalan yang berupa mobil dan truck. Dahulu banyak mobil dan truck yang terpakir di halaman rumah itu. Namun sudah 10 tahun lalu pemilik rumah atau pak harnowo memindahkan besi-besi tua itu ke tempat yang digunakan untuk menaruh mobil mobil tua, sebenarnya dibalik pagar merah garasi itu masih ada belasan mobil tua yang terbengkalai, dan jika dilihat dari modelnya, itu merupakan mobil dari zaman penjajahan belanda. Sayang sekali saya tidak bisa masuk dan mengambil gambar karena pemilik rumah sedang tidak ada disana.

Belasan mobil yang berada di balik pagar merah itu sebenarnya berpotensi sebagai bukti sejarah penjajahan belanda, karena dari beberapa model mobil di sana buatan orang Eropa sekitar tahun 1930-an. Sekarang halaman yang kosong itu biasa digunakan warga sekitar untuk menjemur padi dengan seizin pemilik rumah.

 

Penulis             : Octaviolyn Natanael
Editor              : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Mistri Rumah Tua Desa Sambigede yang Berdiri Sejak Zaman Belanda"