Audiensi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra dengan Alumni dan Stakeholders

Undangan audience yang datang di kampus UM
             DAMARIOTIMES. Malang, Senin, 6 Desember 2021. Semua program studi di Indonesia terus mengalami progresivitas dalam melakukan pelayanan dan pemantauan kepuasan terhadap penggunanya (stakeholder), hal tersebut diupayakan untuk melakukan akreditasi Internasional.

            Program studi di lingkungan Jurusan Seni dan Desain, yaitu Pendidikan Seni Rupa, Desain Komunikasi Visual, Pendidikan seni tari dan musik, dan Keguruan Seni Rupa. Sedang mempersiapkan diri untuk mengajukan akreditasi Internasional, yaitu pada pengindeks program studi yang bernama Aquas yang berpusat di Jerman.

            Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Dekan Fakultas Sastra UM, Prof. Utami Widiati, M.A., Ph.D. Pada intinya mengemukakan bahwa kegiatan ini penting, karena silaturahmi antara alumni dan stakeholders dapat menjalin hubungan yang erat, dan saling menguntungkan guna meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat. Terutama pada kali ini 4 prodi di lingkungan Jurusan seni dan desain akan diajukan akriditasi internasional.

Presentasi yang pertama disampaikan oleh Dr. Iriaji, M.Pd. Kooprodi Pendidikan Seni Rupa, kedua; Mitra Istiar Wardana, M.Kom., kooprodi Desain Komunikasi Visual, Ketiga: Dr. Wida Rahayuningtyas, M.Pd. Kooprodi Pendidikan Seni Tari dan Musik, dan yang terakhir Dr. Robby Hidajat, M.Sn., kooprodi Keguruan Seni Rupa. Perhatian  para alumni dan stakeholders sangat bagus, utamanya mereka yang datang secara langsung di aula AVA Fakultas Sastra UM.

Pemberian cindramata pada alumni dan stakeholders (Foto Ist,)
             Agar persiapan akreditasi yang akan divisitasi pada bulan Februari 2021. Fakultas Sastra memfasilitasi untuk melakukan audience dengan mahasiswa, alumni, dan stakeholder yang masing-masing prodi terdiri dari 5 mahasiswa antara semester 1-3, 5 alumni, dan 5 stakeholder. Sehingga audience ini terhimpun sebanyak 30 peserta. Kegiatan ini dilakukan secara blended (luring dan daring).

            Masing-masing koorprodi memaparkan visi, misi, tujuan, dan standar capaian pembelajaran lulusan, serta kurikulum program studi, dan juga disampaikan disampaikan ketua UPM Fakultas Sastra UM yang disampiakan oleh Joko Samudro, M.Kom. Hal ini disampaikan mengingat pada setiap lima tahun sekali ada perubahan kurikulum setelah dilakukan evaluasi.

            Para stakeholders juga menunjukan antusias, karena ada aspirasi yang dapat dikemukakan dengan harapan alumni yang telah bekerjasama. Seperti yang disampaikan oleh Dadang Trisutalaksana dari Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi. Siap melaksanakan kerjasama dalam kegiatan program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Pada setiap unit lembaga yang telah menjalin hubungan kerjasama dengan direktorat jendral pendidikan vokasi, seperti yang telah di lakukan oleh Gandes Nurseto (alumni PSTM) yang mengelola LKP Imam Mandiri Kabupaten Blitar bidang Tata rias kemantin. Karena didepartemen ini menyiapkan tenaga terampil dibidang pendidikan luar sekolah, termasuk keterampilan seni. Mereka yang terlatih akan mendapatkan sertifikat kompetensi dibidangnya.

 

            Masukan dari stakeholders pada pertemuan secara blended ini sangat berarti sekali, utamanya untuk prodi yang sedang dipersiapkan mengajukan akreditasi internasional. Sudah barang tentu akan menguntungkan juga bagi para alumi, dan stakeholders



Reporter          : Harda Gumelar
Editor              :  Muhammad ‘Afaf Hasyimy
 

Posting Komentar untuk "Audiensi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra dengan Alumni dan Stakeholders"