Penulis E-Book: Jaranan Bromo-Tengger-Semeru (BTS) untuk Pembelajaran Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni tari dan Musik Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra UM

Penulis bersama buku versi cetak JARANAN BTS (Foto ist.)
             DAMARIOTIMES - E-book Jaranan Bromo-Tengger-Semeru (BTS) ini dimaksudkan sebagai buku referensi bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM). Buku ditulis melalui penelitian selama 8 bulan dengan dana PNBP melalui LP3M Universitas Negeri Malang tahun 2021.

Materi Jaranan BTS ini sengaja diangkat oleh penulis, Dra. Endang Wara Suprihatin Dyah Pratamawati, M.Pd.  Dosen seni tari di UM ini memperhatikan, karena seni tradisional masih sangat kurang diperhatikan. Oleh karena itu, perguruan tinggi, dalam hal ini UM sebagai perguruan tinggi yang berorientasi pada Pendidikan sudah selayaknya ikut serta  menumbuhkan apresiasi nilai lokal pada masyarakat, khususnya mahasiswa.

Mengingat di Jawa, bentuk dan jenis Jaranan memiliki varian yang banyak. Kekhasan Jaranan Bromo-Tengger-Semeru (BTS) adalah pola ‘Kalap’ (intrance) yang melibatkan perilaku magis. Karena para penggambuh (dukun) atau pawang jaranan selalu melakukan suguh pundhen tertentu yang dipandang memiliki relasi dengan desa. Sebab disetiap desa itu memang memiliki pundhen. Sehingga pada setiap pementasan selalu meminta ijin, menghormati para leluhur.

Dosen yang sangat intens memperhatikan pertumbuhan seni tradisional ini, lebih dikenal dengan sebutan Bunda Woro, menjelaskan bahwa penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan buku ajar dalam bentuk e-book. Mengingat bentuk e-book dapat diakses oleh mahasiswa melalui smartphone.

E-book Jaranan BTS yang dapat diakses melalui handphone (foto Ist.)
             E-book yang dirancang menampilkan materi Jaranan masih belum tersedia di sosial media. Jenis penelitian yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan model pengembangan; yaitu eksplorasi, desain, produksi, dan penerapan. Berdasarkan hasil kualitas media e-book untuk apresiasi ini ditinjau dari berbagai kualitas materi layak untuk digunakan.

Buku Jaranan BTS versi cetak (Foto Ist.)
             Semua proses untuk menjadikan media e-book memenuhi syarat sebagai media yang berkualitas sudah dilakukan. Sehingga tim peneliti buku ini yang secara langsung terlibat adalah Dr. Robby Hidajat, M.Sn. dan Ika Wahyu Widyawati, S.Pd.,M.Pd.  merasa buku ini dapat digunakan. Bahkan tidak hanya untuk mahasiswa UM, namun juga untuk mahasiwa perguruan tinggi Pendidikan seni tari yang lain. Oleh karena itu, buku ini akan diproduksi dalam dua jenis, yaitu sistem e-book yang dapat diakses secara online, dan sistem cetak yang dapat dibeli secara langsung melalui penulis.

Buku setebal 100 halaman yang dibagi dalam 5 bab. Buku ini diterbitkan oleh penerbit Singgasana Budaya Nusantara. Sekretariat Penerbitan: Jl. Sidomaju 18 Ngadilangkung, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur - Kode Pos 65163 Telp. 082141597022.

Diakhir penjelasannya, Bunda Woro juga menegaskan. dengan kualifikasi buku ini adalah baik, dan layak digunakan sebagai materi apresiasi. Sungguhpun dalam bentuk karya akademik, sudah barang tentu masih ada kekurangan. Oleh karena itu akan selalu mengalami evaluasi dan penyesuaikan dengan kondisi serta situasi tertentu.

 

 

Reporter          : Muhammad ‘Afaf Hasyimy
Editor              : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Penulis E-Book: Jaranan Bromo-Tengger-Semeru (BTS) untuk Pembelajaran Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni tari dan Musik Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra UM"