Kuliner Mahoni Dempok Kabupaten Malang Menjadi Tempat Wisata Alternatif Di Wilayah Malang Selatan

Ikon Wisata Kuliner Mahoni Dempok (Foto Ist.)
             DAMARIOTIMES - Kabupaten Malang mulai tumbuh destinasi wisata yang mengangkat potensi lokal, seperti di areal Wisata Kuliner Mahoni Dempok. Lokasi ini dapat menikmati suasana alam sambil referesing dan menikmati santapan kuliner ikan air tawar. Tempatnya cukup luas, karena berada di areal danau yang sejauh mata memandang masih tampak pepohonan yang hijau menyejukan.

            Apabila berniat ke lokasi Wisata Kuliner Mahoni Dempok dapat mengikuti jalur jalan umum Malang-Blitar, tapi tidak belok ke Jalan kembar (Jalibar), tapi kendaraan dapat dipacu melewati daerah Kepanjen. Perempatan ke Panjen lurus ke Selatan menuju arah Pagak. Setelah memacu kendaraan kurang lebih 20 menit ada pertigaan, belok kanan. Masuk jalan di pedesaan beraspal dalam waktu 10 menit. Sudah sampai.

Pos penarikan restribusi menuju areal parkir (foto Ist.)
             Setiap pengunjung bermotor atau mengendarai mobil dikenakan ristribusi, kemudian mencari tempat parkir yang di areal bawa (sebelah timur) atau di atas (sebelah barat-selatan). Jika menghendaki parkir di areal sebelah timur sudah langsung menghadap gazebo yang di depannya berjajar warung-warung yang menyediakan olahan ikan air tawar.

 

Di depan Area Parkir sudah berjajar gazebo untuk bersantap bersama (Foto ist.)


Area parkir di sebelah timur, mobil berjajar di antara pepohonan yang rindang (foto Ist.)

            Jika tidak berkenan memesan di warung, pengunjung dapat membeli ikan yang masih segar pada pedagang yang berjajar di tepian danau. Saat ini danau di belakang pedagang ikan segar itu kondisinya kering. Bahkan sebagaian areal danau telah menjadi ladang jagung, tidak jauh dari tempat itu ada areal yang lebih rendah masih tampak air danau yang jernih. Di tempat itu juga ada beberapa perahu nelayan yang berjajar.

Pedagang ikan segar dipinggir danau yang kering (foto ist.)
 

Pedagang ikan segar di sebelah barat (foto ist.)
             Sistem pesan makanan di tempat ini ada dua cara, pertama langsung memesan di warung-warung yang berjajar di areal taman rekreasi kuliner Mahoni Dempok itu, kedua bisa membeli ikan dari para pedagang, kemudian dibawa pada salah satu warung untuk dimasak menurut pesanan. Sebagaimana pedagang segala sesuwatu yang harus ditanyakan, lebih detil lebih bagus. Karena sebelum bersantap bersama dapat memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan.

Tempat solat yang cukup nyaman (foto ist.)
             Selain gazebo dan sport untuk foto selfie atau foto bersama juga disediakan tempat solat. Karena arena ini tampaknya cukup jauh dari arena perkampungan. Fasilitas lain juga dilengkapi WC umum dan tempat permainan anak-anak.

Arena bermain untuk anak-anak (foto ist.)
            Apabila ingin mencari alternatif warung yang lain dapat memindahkan kendaraan ke arah Barat, melewati jalan tanah yang tidak terlalu bagus, naik melewati gapura yang sudah tidak bagus lagi. Karena kayunya sudah lapuk. Sehingga pemandangan kurang cukup berkesan menarik untuk membuat gambar bersama rombongan.

Gapura yang tidak terlalu bagus untuk berfoto bersama (Foto ist.)
             Di sebelah kanan dan kiri terdapat danau, namun danau yang dapat digunakan untuk menikmati hiburan berperahu ada di sebelah kanan jalan ini.

Area danau yang dapat untuk menaiki prahu bebek (foto ist.)
             Di sebelah barat sebelah kiri jalan ini masih terdapat beberapa warung dan areal parkir motor dan mobil. Tempat di sebelah barat ini tampak lebih rapi dari pada di bagian timur. Sungguhpun jalan menuju ke tempat ini tidak terlalu bagus, karena jalan tanah, terlebih pada musim penghujan di bulan Agustus sampai Desember.

            Jika kita mengikuti terus ke arah selatan, dipenghujung lokasi ini terdapat tempat untuk acara keluarga yang lebih leluasa, bisa bermain-bermain di alam terbuka, atau sekedar duduk-duduk menikmati udara segar.

Family Camp yang dapat digunakan secara rombongan menikmati lingkungan alam (foto ist.)
         Family Camp ini tempat yang paling ujung, dan sudah tidak ada tempat lain. Sehingga perjalanan untuk menikmati seluruh areal Wisata Kuliner Mahuni Dempok sudah selesai. Selamat besantai dan menikmati kuliner tradisional olehan ikan air tawar bersama keluarga dan sahabat untuk menjalin kerekatan sosial.


Reporter          : Harda Gumelar
Editor              : Robby Hidajat

Posting Komentar untuk "Kuliner Mahoni Dempok Kabupaten Malang Menjadi Tempat Wisata Alternatif Di Wilayah Malang Selatan"