Jangan Belajar, kalau tidak Menggunakan 4 Tips Ini

Posisi belajar menentukan mood (foto ist.)

             DAMARIOTIMES - Setiap pelajar atau mahasiswa selalu mengalami problem belajar, banyak hambatan dan keinginan untuk melarikan diri dari kegiatan yang Namanya ‘belajar.’ Karena belajar itu pasti sangat membosankan, sungguhpun setiap orang ingin menikmati kesuksesan dalam menuntut ilmu.

Banyak siswa atau mahasiswa yang lebih asik ngobrol dengan teman-temannya, karena itu lebih dapat menunjukkan ekspresi sosial mereka, dari pada membaca buku untuk mempelajari tugas latihan yang diberikan oleh dosen. 

Kadang pura-pura belajar menjadi penting untuk motiviasi belajar (foto Ist.)
           Orang tua kadang sangat bingung, karena putra-putrinya tidak tampak tekun belajar. Kebiasaan waktu taman kanak-kanan (TK) dan sekolah dasar (SD) yang didampingi orang tua dalam mengerjakan pekerjaan rumah. Tugas latihan atau pekerjaan rumah memang dimaksudkan untuk mengkondisikan seorang pelajar dapat mengingat, memilahkan, dan mensintesakan sesuatu berdasarkan perkembangan logika. Hal itu diperlukan suatu proses. Namun seringkali menyikapi PR atau tugas lagihan sebagai beban yang membuat kepenatan, bahkan seringkali tugas latihan dikerjakan hanya dalam satu malam. Karena besok harus dikumpulkan. Sudah barang tentu hal tersebut tidak maksimal, karena prosesnya terlalu pendek.

Kondisi umum ini sudah barang tentu dialami oleh semua pelajar atau mahasiswa, oleh karena itu jangan belajar kalau anda tidak meyakini tips berikut ini.

  • .      Tipulah diri anda agar mau membuka catatan kuliah 
Carilah tempat dan waktu yang tepat dan nyaman. Jika anda ingin mengerjakan pekerjaan di ruang tamu, karena dapat terlihat oleh Ayah atau Ibu, atau orang lain. Tentu anda akan mendapatkan pujian, atau anda dapat membayangkan bahwa besok tugas itu harus sudah diserahkan. Hal ini tentunya terkait dengan karakteristik anda, orang yang suka dipuji atau orang yang suka ditekan. Anda boleh tidak belajar, kalau karakteristik anda memang tidak dapat ditemukan, jika karakteristik itu sudah dapat ditemukan, maka tentu anda akan termotivasi untuk belajar.

  • .      Membangun mood

Agar dapat termotivasi untuk belajar carilah mood yang bagus, sore hari, pagi hari, tengah malam. Ikuti mood itu agar anda merasakan sesuatu yang nyaman. Kenyamanan itu menjadi dorongan yang kuat untuk belajar. Maka jika anda tidak atau belum menemukan mood anda jangan belajar. Namun seorang pembelajar tentunya akan mencari dan menemukan mood. Jika mood belajar telah ditemukan maka anda akan belajar dengan ikhlas.

  • .      Berjanji pada diri sendiri

Biasakan berjanji pada diri sendiri, bahwa anda akan belajar sesuai dengan waktu dan tempat yang telah anda rencanakan. Menuliskan jadwal belajar menjadi penting, karena jika anda belum menentukan jadwal belajar, maka pastikan anda bisa tidak belajar. Namun jika jadwal belajar sudah anda tentukan, hal itu merupakan janji pada diri sendiri yang harus ditepati.

  • .      Membuat catatan refleksi

Biasakan untuk menuliskan catatan refleksi dari matakuliah atau pelajaran tertentu, dan pertanyakan apa yang anda belum memahami. Jika sudah ditemukan sesuatu yang memang belum anda pahami, maka mulailah belajar. Sebab belajar itu memang ada tujuan yang ingin diperoleh yaitu pemahaman. Jika catatan refleksi anda memang sudah sempurna, anda tentu tidak perlu belajar.



Penulis            : Robby Hidajat
Editor              : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

 

 

Posting Komentar untuk "Jangan Belajar, kalau tidak Menggunakan 4 Tips Ini"