Intellectual Creativerpreneurship dan Peluang Kewirausahaan Mandiri Bagi Mahasiswa dalam Menyikapi Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Dr. Pujiyanto, M.Sn. dan buku Intellectual Creativerpreneurship (Foto Ist.)

            DAMARIOTIMES - Dr. Pujiyanto, M.Sn. Salah satu staf pengajar di Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. aktivitasnya melakukan penelitian sangat produktif, sungguhpun dalam situasi pandemi COVID-19. Fokus penelitian yang dilakukan adalah bidang desain komunikasi visual, sebab itu merupakan bidang studi yang sama ini ditongkrongi selama ini.

            Pria berputra dua ini, kelahiran Surakarta tahun  1962 memiliki segudang pengalaman melakukan penelitian. Kolaborator penelitian yang selama ini dijalin adalah dari Malaysia dan Thailand. Buku yang terbit pada bulan November 2021 ini merupakan salah satu dari hasil penelitian pada tahun yang lalu yang dilakukan bersama Dr. Robby Hidajat, M.Sn. Ahli bidang seni pertunjukan yang memberikan sumbangan pada aspek interaksi sosial, hubungannya dengan performa kinetik.

            Intellectual Creativerpreneurship merupakan buku yang khusus disasarkan pada mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV), utamanya bagi mahasiswa yang pada akhir-akhir ini terus di dorong untuk mengimplementasikan ilmunya dalam kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yang dapat mereka pilih melalui 8 kegiatan, yaitu (1) magang/praktik kerja, (2) proyek di desa, (3) mengajar di Sekolah, (4) pertukaran pelajar, (5)penelitian/riset, (6) kegiatan wirausaha, (7) studi/proyek independent, dan (8) Proyek kemanusiaan.

            Hubungan buku Intellectual Creativerpreneurship karya Dr. Pujiyanto, M.Sn. ini merupakan memberikan bekal soft skills yang dapat membuat mahasiswa mampu membentuk keperibadiannya yang unggul. Sehingga para mahasiswa dapat menciptakan pekerjaan dan merekrut pekerja, sehingga daya tahan dan daya saing para lulusan perguruan tinggi menjadi semakin tangguh.

            Buku ini memang tidak menyelesaikan masalah yang sangat besar itu, karena perguruan tinggi di Indonesia terus didorong untuk mampu mencetak lulusan yang mandiri. Sehingga hadirnya buku ini juga merupakan dampak tuntutan tersebut, seorang dosen harus mampu melakukan penelitian dan melahirkan pemikiran yang dapat diakses oleh masyarakat umum.

Buku  Karya Dr. Pujiyanto, M.Sn. dan Dr. Robby Hidajat, M.Sn. (foto ist.)
             Buku setebal 181 halaman itu terdiri dari 20 artikel yang semuanya memberikan movitasi, teori, dan pengalaman mendalam untuk membangun pemikiran kewirausahaan. Sehingga buku ini dapat menjadi bekal dan wawasan yang positif bagi mahasiswa bidang seni, utamanya untuk mahasiswa desain komunikasi visual di Indonesia.



Reporter          : Harda Gumelar
Editor              : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Intellectual Creativerpreneurship dan Peluang Kewirausahaan Mandiri Bagi Mahasiswa dalam Menyikapi Merdeka Belajar Kampus Merdeka"