Telur Gulung Jajanan Masa Kecil Yang Disukai Segala Usia

DARMARIOTIMES - Masih ingat jajanan kaki lima ini?. Pedagang jajanan yang biasanya berjualan di depan Sekolahan, Masjid, dan taman bermain. Masih ingat sekali saat pulang sekolah atau pulang ‘ngaji’ di Masjid dulu. Sering banget beli jajanan ini. Bahkan sampai rela antri demi sebungkus jajanan yang rasanya enak banget.


Proses penuangan adonan telur gulung ke wajan penggorengan (Foto: Rani)



Telur gulung. Jajanan yang bisa dibilang memorable sekali. Bagaimana tidak. Pedagang telur gulung hanya di temukan di sekitaran sekolah dasar dan di Masjid saat sore hari. Membelinya harus menunggu selesai sekolah atau mengaji, sambil curi-curi waktu sebelum dijemput. Atau juga biasa ditemukan di taman bermain saat hari minggu.

Sebenarnya jajanan ini menggunakan bahan yang sederhana, semua orang bisa membeli bahannya, akan tetapi cara pembuatannya cukup tricky. Bahan baku utama menggunakan telur yang di campur air, sehingga tercipta adonan telur yang cair. Tidak lupa diberi garam atau penyedap rasa, agar telur gulung tidak hambar.

Pembuatan telur gulung cukup tricky, telur gulung digoreng dengan minyak yang tidak terlalu panas. Adonan telur disiram minyak secara perlahan dan digulung-gulung dengan tusuk sate dengan cepat.

Tahukah kamu, tidak semua orang bisa berhasil menggulung dengan sempurna loh. Karena membutuhkan keseimbangan antara adonan telur dan kecepatan menggulung adonan telur.

Rasa telur gulung identik gurih, karena adonan telur diberi garam atau penyedap rasa. Sebenarnya makan telur gulung ya sama saja seperti makan telur dadar. Akan tetapi yang membuat beda adalah telur gulung memiliki tekstur jaring-jaring dan ditusuk menggunakan tusuk sate. Jangan lupa telur gulung menjadi lebih nikmat bila dicocolin ke saus dan kecap. Biasanya pilihan saus yang ada adalah saus tomat dan saus sambal.


Telur gulung yang telah matang dengan saus, siap dimakan (foto: Rani)


Semakin berkembangnya zaman, beberapa pedagang telur gulung membuat inovasi agar telur gulung tidak hanya adonan telur yang digulung. Ada yang menjual seperti: telur gulung sosis, telur gulung bihun, telur gulung bakso, telur gulung kubis. Dengan adanya inovasi tersebut, penggemar telur gulung semakin dibuat kebingungan dengan varian yang ada. Harganya pun bervariatif mulai dari 1000 rupiah sampai 2500 rupiah, tergantung varian yang dipilih.

 



Reporter          : Ratna Tri Maharani
Editor              : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Telur Gulung Jajanan Masa Kecil Yang Disukai Segala Usia"