Pelestarian Kesenian Tari Topeng Kaliwungu yang hampir terlupakan di Kabupaten Lumajang

Yayasan Sanggar Budaya Lumajang (Foto: Ist)

DAMARIOTIMES -  Kesenian merupakan budaya yang digunakan untuk mengekpresikan jiwa manusia. Dalam setiap daerah pasti memiliki kesenian daerah, kesenian daerah itu sendiri artinya seni budaya yang dimiliki oleh setiap daerah yang menjadi ciri khas atau identitas daerah tersebut. Contohnya daerah Lumajang, Lumajang memiliki banyak kesenian daerah seperti jaran kencak yang cukup terkenal. Lumajang juga memiliki banyak tari yang menjadi identitas atau ciri khas tersendiri, diantaranya Tari Jaran Slining, Tari Topeng Kaliwungu, Tari Godril Lumajangan, Tari Putri Kirana, dan masih banyak lagi lainnya.

Kesenian daerah tidak boleh hanya ada dalam tulisan. Pelestarian kesenian daerah harus terus dilakukan oleh masyarakat, tak hanya yang memiliki jiwa seni saja seluruh masyarakat juga harus ikut andil dalam pelestarian kesenian daerah yang menjadi identitas kedaerahannya.

Seperti halnya salah satu Yayasan yang ada di Lumajang mengadakan sebuah Latihan Bersama sanggar-sanggar diseluruh daerah Lumajang dengan materi yang diajarkan yakni tari Topeng Kaliwungu, mengingat tarian ini hampir saja dilupakan oleh masyarakat Lumajang karena tergeser oleh tari kreasi tradisional yang terbaru dan lebih kekinian. Namun Yayasan Sanggar Budaya Lumajang tak ingin hal itu terjadi, tim mereka melakukan penelitian terhadap tarian ini untuk mengumpulkan data yang sebenar-benarnya sebelum mereka mentransferkan tarian tersebut ke seluruh pelaku seni di lumajang. 

 

Latihan Tari Topeng Kaliwungu di Sanggar Sekar Arum (foto ist.)

Pelatihan tari Topeng Kaliwungu sebenarnya dilakukan dalam satu tempat, namun karena masih dalam kondisi PPKM maka pelatihan dilakukan dibeberapa sanggar, yaitu di  sanggar tari Ayu Langgeng, Sekar Arum, Diamond Art, Mupus kemuning, serta sanggar Laras Saraswati agar tidak terlalu mengumpulkan banyak masa.

Keempat sanggar tersebut telah mendapatkan materi tari Topeng Kaliwungu Lumajang. Materi yang diberikan diantaranya sejarah tari topeng kaliwungu, kostum tari, makna bagian wajah topeng, ragam gerak  tari topeng serta makna warna. Pemberian materi serta pelatihan ini dilakukan secara gratis karena memang ditujukan untuk masyarakat Lumajang terutama kalangan remaja dan anak-anak yang akan menjadi penerus kebudayaan daerah

Dalam pelatihan, mereka menyampaikan bahwa Tari topeng kaliwungu mengekspresikan tokoh Prabu Baladewa yang memiliki karakter gagah, kasar atau agal. Nama ragam gerak tari Topeng Kaliwungu yaitu gerak lenggang, sembahan awal, kojeran topeng, tolehan, gesekan, lembengan, ceklekan, ciblonan, klimer mabok, junjungan siji, ayak panggung gebesan, cakilan, sembahan akhir, dan gerak lenggang akhir. 

Kostum yang dipakai pada tari ini terdiri dari celana, baju rompi, sembong, sabuk, slempang, gelang tangan, sampur, gongseng, sapu tangan, jamang topeng, dan juga topeng kaliwungu. Nama bentuk setiap bagian pada property topeng yang disampaikan seperti bentuk mata thelengan, bentuk hidung pangotan, bentuk bibir dhlimo pecah, bentuk alis blarak sineret, bentuk kumis njlaprang, jenggot kepelan dan bentuk raut wajah dengan dagu meruncing. 

Latihan Tari Topeng Kaliwungu di halaman terbuka (foto Ist.)

Beberapa remaja yang ikut andil dalam acara pelatihan pelestarian tari topeng kaliwungu merupakan mahasiswa Universtitas Negeri Malang dari prodi PSTM konsentrasi tari yang bertempat tinggal di daerah lumajang.

Mahasiswa PSTM  mengikuti pelatihan ini selain karena tugas kuliah, juga karena ingin mempelajari lebih dalam tentang tari topeng kaliwungu, serta ingin menjadi bagian dari pelaku seni yang terus melestarikan kebudayaan kesenian daerah terutama daerah tempat tinggal mereka. “Kesenian daerah adalah aset dan identitas setiap daerah, jika bukan kita yang terus melestarikan lalu siapa lagi?. Lestarikan kesenian daerahmu agar kamu tidak melupakan identitasmu. Salam Budaya Indonesia”

 

 

Reporter          : Putri Tri Wulandanni
Editor              : Harda Gumelar

 

Posting Komentar untuk " Pelestarian Kesenian Tari Topeng Kaliwungu yang hampir terlupakan di Kabupaten Lumajang"