Pelajaran Hidup yang Terangkum Indah Pada Animasi Berjudul How Are You?

Layar pembuka dan layar judul pada animasi “How Are You”

DAMARIOTIMES - Film Animasi ini menceritakan tentang seorang penulis yang mendapatkan inspirasi tulisannya, yaitu mengeksplorasi kedalam dirinya sendiri. Manusia dan kehidupannya adalah misteri terbesar dari jagat raya, karena dapat di eksplorasi tanpa batas, atau belum ditemukan batas akhirnya hingga saat ini.

Manusia terus berkembang dari zaman ke zaman, dengan kisah dan petualangannya sendiri. Film ini banyak menceritakan tentang eksplorasi ke dalam diri sendiri.

Adegan dimulai dengan percakapan tokoh utama dalam animasi ini, dengan dirinya sendiri syarat akan makna filosofis tentang kehidupan. Ditambah lagi visualisasi sederhana yang ditampilkan ahanya menggunakan 3 warna dalam animasi, objek-objek yang ditandai dengan warna merah benar-benar mengeliminasi banyak bagian, sehingga akan terfokus pada hal yang diinginkan oleh sang kreator. Apa yang coba disampaikan oleh animasi berjudul “How Are You?”. Rangkuman yang dapat diperhatikan sebagai berikut:

Salah satu adegan pada animasi “How Are You” yang menggunakan warna merah sebagai marker POI (point of interest).

Butuh berapa banyak keberuntungan dalam menjalani kehidupan hingga semua akan berjalan baik-baik saja?

kehidupan tidak terprediksi dan serba tidak pasti, perubahan bisa saja terjadi dalam hitungan detik. Hidup kadangkala terasa berjalan dan berputar begitu saja. dimana peran idividu dalam kehidupan?

Seseorang yang terlahir dari keluarga yang berada, dia lebih banyak mendapatkan fasilitas yang lebih banyak dari orang lain. Sebagai imbalannya, orang tentu akan memberikan yang terbaik pada segala hal, hingga tercipta kesadaran, bahwa sebenarnya tidak banyak yang kuketahui, dan orang tentu memutuskan dan memulai petualangan untuk mencari tahu segala hal yang belum diketahui. dan setelah sekian panjang perjalanan dilakukan, pernah berada dipuncak karir terjadi sesuatu.

Menara Phobia dalam salah satu adegan pada animasi “How Are You”

ketenaran itu bagai titik di ujung hidung yang dapat dilihat oleh orang lain namun tidak oleh dirinya sendiri. Hal ini yang disebut dengan istilah ‘sawangan’ atau penglihatan.

Saat seseorang berada dipuncak, sugesti tentang diri lebih banyak terbentuk terbentuk oleh anggapan orang lain, yang disebut dengan istilah ‘sinawang’, dan seseorang cenderung menganggap (anggapan orang lain tersebut) sebagai kebenaran tentang dirinya sendiri.

Baru akan menyadari tentang semua itu, ketika  pandangan yang terlanjur anggap sebagai kebenaran tentang diri menjadi berubah secara tiba-tiba, dan meninggalkan, lanyap tanpa ada siapa-siapa.  Seseorang hanya akan melihat diri dalam dirinya sendiri sebagai kertas kosong, bahkan seseorang akan membutuhkan orang lain untuk menceritakan siapa sebenarnya citra diri sendiri ini?

Dalam kehidupan, terkadang menjadi inspirasi dan mendapatkan inspirasi, selalu demikian. hidup yang dijalani merupakan sugesti-sugesti dari pemikiran snediri dan pemikiran orang lain yang kebetulan berhubungan atau terkoneksi satu waktu dengan diri sendiri.

Kardus kosong (the emty box) dalam salah satu adegan pada animasi “How Are You”
Adegan terbaik bagi sesorang adalah ketika tokoh utama film animasi ini mendapati kiriman yang ditujukan padanya ternyata hanya kardus kosong. Dia mengejar si kurir paket dan menanyakan kenapa kotaknya kosong? Yang kemudian di jawab oleh si kurir “lihatlah lagi kedalamnya. Mungkin kamu akan beruntung”. Adegan ini merupakan adegan yang menjadi penutup serangkaian peristiwa yang disajikan dalam film animasi tersebut.

Adegan akhir tersebut memberikan makna bahwa apa yang seseorang dapati dirinya setelah semuanya menjadi “kosong” adalah mengisi kekosongan tersebut dengan hal apa saja yang dapat dilakukan oleh seseorang menjadi suka. Segala hal yang dapat digali dari dari diri sendiri. Yang pada akhirnya memenuhi kebutuhan diri sendiri akan kejelasan identitas siapa sebenarnya diri sendiri? Sesuai dengan judul yang diberikan pada film animasi ini yaitu “How Are You?”.

 

 


Kontributor     : Denny Hendrifika
Editor              : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Pelajaran Hidup yang Terangkum Indah Pada Animasi Berjudul How Are You?"