Manis Gurih Roti Canai Kuliner Asal Melayu Ada Di Kota Gersik Jawa Timur


Hidangan roti canai gurih dan roti canai manis, beserta teh tarik sebagai minuman pendamping (Foto: Rani) 

DAMARIOTIMES - Bila membicarakan roti canai, yang terfikirkan dalam benak dapat dipastikan adalah kuliner asal Malaysia. Tidak selalu benar pikiran itu, sebab  roti canai itu berasal dari india. Persebaran di berbagai negara di Asia Tenggara memiliki sebutan yang berbeda-beda. Ada yang menyebutnya roti Prata, roti Maryam dan roti Cane.

Di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan roti Maryam. Roti canai yang beredar di dearah Melayu, seperti di negara Malaysia, Singapura, dan Indonesia, atau   khususnya daerah Aceh. Roti Canai yang ada di daerah masyarakat melayu memiliki bentuk persegi dan pipih seperti Martabak. Akan tetapi roti Canai dan Martabak memiliki bahan yang berbeda dan rasa yang lebih gurih.

Ciri khas dari roti Canai adonan diputar-putar hingga tipis, kemudian dilipat dan dipanggang dengan minyak. Ada pula yang dibuat dengan cara menebarkan adonan setipis mungkin di atas panggangan.

Mengenai rasa, awalnya roti Canai disajikan polos atau berisi telur dengan rasa gurih. Lalu roti Canai yang dikonsumsi sebagi pengganti nasi. Namuna cap kali dapat juga disajikan dengan kari kambing. Dimakan dengan cara roti Canai dicocol ke kuah kari.

Seiring perkembangan zaman varian roti Canai tidak hanya gurih, melainkan rasa manis. Rasa manis yang ditawarkan pada roti Canai beragam, seperti: canai mentega susu, canai mentega gula, canai pisang, canai meses, canai pisang coklat, canai milo.

Bila anda ingin roti Canai yang berbeda, ada Canai Tisu. Canai Tisu merupakan roti Canai yang dibuat sangat tipis dengan tekstur krispi menjulang tinggi seperti bentuk tumpeng. Rasa dari canai tisu adalah manis, karena canai tisu diberi toping coklat, gula, dan keju.

Roti canai merupakan makanan yang bisa dimakan segala waktu, mau dimakan saat pagi hari boleh, dimakan siang hari boleh, dan bahkan dimakan malam hari pun tidak masalah. Tidak perlu menunggu waktu yang pas untuk mengkonsumsinya, seperti bubur yang cocok dimakan pagi hari. Maka dari itu roti canai sangat digemari oleh banyak orang.

Untuk kamu warga Gresik yang penasaran dengan rasa roti Canai. Kamu bisa mampir ke kedai “Roti Canai Malaysia” yang ada di jalan Yos Sudarso Gresik. Disana menjual berbagai jenis roti Canai denga harga mulai dari 3.500 rupiah hingga 10 ribu rupiah. Jangan khawatir, kedai ini buka mulai pukul setengah 6 pagi hingga jam 9 malam.

Ohiya, makan roti canai rasanya belum afdol bila tidak sambil minum teh tarik.

 


Reporter          : Ratna Tri Maharani
Editor              : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Manis Gurih Roti Canai Kuliner Asal Melayu Ada Di Kota Gersik Jawa Timur"