Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa SMAN 3 Nganjuk

Kegitan kepemimpinan membentuk penguatan karakter siswa (Foto Ist.)
            DAMARIOTIMES - Siswa sebagai generasi bangsa harus dididik dengan baik dan tegas. Agar siswa dapat menentukan masa depannya dengan lebih baik lagi. SMA N 3 Nganjuk Jawa Timur mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) yang bertujuan untuk membangun karakter-karakter kepemimpinan yang disiplin dan bertanggung jawab, serta mendalami dan memahami tentang konsep atau dasar dalam suatu organisasi.

Kegiatan LDKS merupakan tahapan pertama yang harus dilalui oleh siswa siswi sebelum menjadi anggota OSIS harus mengikuti semua tata tertib yang sudah ditetapkan. Apabila ada yang melanggar tata tertib, maka akan diberikan sanksi. Kegiatan LDKS dilaksanakan oleh calon pengurus OSIS SMA Negeri 3 Nganjuk masa bhakti 2017/2018 pada tanggal 4 s/d 6 September 2017 bertempat di Wisata Desa Dlanggu Mojokerto.

Tempat kegitan latihan tentunya sudah dilengkapi beberapa fasilitas yang memadai diantaranya tempat penginapan, dapur, toilet, kamar mandi, ruang aula atau joglo, tempat untuk kegiatan outbound atau lapangan, dan sebagainya. 

Ada 3 kegiatan yang harus dilaksanakan baik di dalam maupun di luar lokasi tempat wisata. Yang Pertama yaitu kegiatan Peraturan Baris-Berbaris atau disingkat PBB yang dilakukan peserta ldks dipandu oleh kakak senior dan tentara yang sudah berpengalaman di lapangan tempat wisata. Yang kedua kegiatan Games atau Outbound yang dilakukan di lapangan dalam tempat wisata seperti yel-yel kelompok, permainan bakiak, permainan rantai nama, sambung air menggunakan bambu, flying fox, dan sebagainya. Yang Ketiga yaitu kegiatan teori/materi yang dilakukan di ruang aula atau joglo. 

Berbagai tantangan yang dihadapi baik setiap individu maupun kelompok dapat membangun karakter dan membawa mereka ke arah positif, mengajarkan sifat saling gotong royong dan kerja sama. Berbagai materi yang disampaikan dapat mencakup kemampuan siswa dalam kecakapan mental, mampu berbicara di depan orang banyak, berani mengeluarkan pendapat, memiliki pemikiran mengenai bagaimana menjadi seorang pemimpin yang bijaksana. 

Setelah kegiatan LDKS selesai, diakhiri dengan acara pelantikan dan mengucapkan sumpah janji OSIS kepada calon pengurus OSIS SMAN 3 Nganjuk yang diharapkan mampu menjadi pemimpin yang tangguh dan terus mengembangkan inovasi dan kreativitas guna menggapai cita-cita di masa depan, yaitu terbentuknya mentalitas dan karakter siswa yang matang.


 

Reporter          : Sherlielga Rhamadhani
Editor              : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa SMAN 3 Nganjuk"