5 Dampak Buruk Jika Malas Berolahraga

DAMARIOTIMES - Menjaga kesehatan tidak hanya harus memperhatikan makanan yang dimakan, tetapi juga memperhatikan kegiatan yang dilakukan agar tubuh terus bergerak dan tidak bermalas-malasan. Salah satu kegiatan yang bisa membuat tubuh terjaga kesehatannya adalah berolahraga.


(Sumber: Pixabay)


Tidak semua olahraga memakan waktu yang sangat lama, ada olahraga yang hanya memakan waktu 5-10 menit saja dan menghasilkan manfaat yang sangat baik. Rutin berolahraga bisa menjaga imunitas dan kesehatan tubuh seseorang, tetapi jika jarang atau bahkan tidak pernah berolahraga akan memberikan dampak yang sangat buruk. Berikut adalah dampak buruk jika tidak berolahraga :

 

1.      Meningkatkan Resiko Jantung

Jika tubuh bermalas-malasan dan tidak melakukan aktivitas fisik maka akan mempengaruhi jantung. Olahraga memberikan dampak kepada jantung agar menjadi lebih kuat dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Jika tidak berolahraga maka bisa memperburuk jantung dan kesehatan.

 

2.      Berat Badan Tidak Terkontrol

Berolahraga memberikan banyak sekali manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah membakar lemak berlebih pada tubuh agar berat badan terkontrol. Kalori atau lemak yang terbakar dikeluarkan lewat keringat. Jika tubuh malas berolahraga, lemak akan tertimbun dan menyebabkan berat badan tidak terkontrol. Hal ini juga bisa menimbulkan obesitas.

 

3.      Diabetes

Manfaat dari berolahraga  salah satunya adalah mengendalikan gula darah agar menjadi stabil. Dengan stabilnya gula darah, maka tubuh akan terhindar dari penyakit diabetes. Selain berolahraga, untuk menghindari diabetes juga harus memperhatikan pola makan yang manis-manis.

 

4.      Resiko Kanker

Dampak buruk selanjutnya adalah munculnya resiko kanker pada tubuh. Kanker menjadi penyebab kematian paling banyak nomor dua. Olahraga sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat pada tubuh. Jika berolahraga dengan teratur, bisa menurunkan risiko muncul kanker pada tubuh.

 

5.      Mengalami Penuaan Dini

Mereka yang rajin berolahraga memiliki kulit kencang dan sehat. Olahraga membantu tubuh mengeluarkan racun di dalam tubuh. Semakin banyak racun yang dikeluarkan semakin tubuh terlindungi dari racun yang mengendap di dalam tubuh. Dengan berolahraga akan membuat tubuh tampak selalu muda dan fresh.

 

 

 

Editor: Harda Gumelar

 

Posting Komentar untuk "5 Dampak Buruk Jika Malas Berolahraga"