Komunitas PHK Digandeng Komunitas Onthel Tambakboyo, Tuban Selenggarakan Upacara 17 Agustus 2021

DAMARIOTIMES - Kegiatan upacara bendera memperingati Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tahun 2021. Terkesan sangat ‘kontemplatif’ karena selama dua tahun ini, ritual kenegaraan ini harus dilaksanakan dengan protokol Kesehatan ekstra ketat.


Petugas Pengibar Bendera Merah Putih Upacara 17 Agustus 2021 di Tuban (Foto: Ist)


Selama dua tahun ini, komunitas Onthel atau Gowes Sepeda yang berkolaborasi dengan Komunitas Pemuda Harapan Kampung (PHK) dari desa Sobontoro Tuban. Kali ini dilangsungkan upacara bendera memperingati Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Oro Oro Kawasan Industri Tuban.

Upacara memperingati Proklamasi Kemerdakaan Republik Indonesia yang diselenggarakan oleh komunitas masyarakat ini tergolong langkah. Karena mereka tidak terkait dengan instansi tertentu, namun hal itu menjadi kenyataan adanya rasa hadarbeni (ikut memiliki) kemerdekaan Republik Indonesia.

Pada pelaksanaan upacara yang dimulai pukul 09.00 WIB, telah diikuti oleh (1) KOTA  ( Komunitas Onthel Tambakboyo ), (2) Srikandi Funbike Community, (3) Compo Merkawang, (4) GOJAC ( Gowes Jamong Comunity ), (5) GAMITA ( Gabungan Minion Tambakboyo ), (6) Team Sepeda Tua Tambakboyo, (7) Team sepeda Sedandang Bancar, dan (8) Komunitas PHK ( Pemuda Harapan Kampung ) Sobontoro.


Peserta upacara yang menggunakan seragam perkumpulannya (Foto: Ist) 


Keseluruhan peserta sebanyak 100 orang, sudah barang tentu semua mengedepankan pertimbangan protokol Kesehatan, cuci tangan, jaga jarak, pakai masker. Terlebih kegiatan ini relatif aman karena diselenggarakan di alam terbuka.

Suasananya sungguh sangat mengharukan, bahwa rakyat umum dengan penuh kesungguhan juga ingin mengekspresikan rasa nasionalisme, mengenang patriotisme para pejuang yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya. Ekspresi itu tampak pada saat pengibaran sang Saka Merah Putih.


Saat-saat pengibaran sang Saka Merah Putih (Foto: Ist) 


Sebagaimana upacara bendera pada umumnya, panitia juga mengikuti protokol penyelenggaraan yang terdiri dari (1) Inspektur Upacara: Heri Wahyudhi, (2) Komandan Upacara : Ahmad Efendi, (3) Paskibraka : Komunitas PHK (Ervin, Finna, Ryan), (4) Pembaca Teks Proklamasi : Yudhi Nurcahyo, (5) Diregent : Susi Damara, (6) Pembaca Do'a : Syaifudien, (7) Pemimpin regu I : Thopa, dan (8) Pemimpin regu II : Muji.

Pada jam 10.00 ketika pengibaran bendera, dan disertai menyanyikan lagu Indonesia Raya merupakan saat yang sakral, penghayatan peserta benar-benar mendalam. Buntas Pradoto, ketua Komunitas Pemuda Harapan Kampung (PHK) menyampaikan, event ini sangat membanggakan, tahun kedua ini PHK digandeng oleh Komunitas Onthel Tambakboyo. Ini sangat membanggakan sekali.

Buntas, sapaan sehari-hari pemuda yang memiliki semangat sebagai penggerak pemuda ini Lebih lanjut juga ditandaskan, bahwa upacara bendera yang diselenggarakan ini benar-benar diekspresikan secara ikhlas. Bahkan semua peserta sangat puas dan bersemangat meluapkan tema HUT Republik Indonesia ke-76 “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”.

 

 

Reporter          : Harda Gumelar
Editor              : Muhammad ‘Afaf Hasyimy 

Posting Komentar untuk "Komunitas PHK Digandeng Komunitas Onthel Tambakboyo, Tuban Selenggarakan Upacara 17 Agustus 2021"