Tradisi Pesta Ulang Tahun Di California USA

 

Kostum yang dikenakan pada suatu pesta Ulang Tahun (Foto Ist)


DAMARIOTIMES - Sebuah tradisi menarik yang dilakukan keluarga Indonesia di Amerika, khususnya di  California.  Tradisi itu adalah “Ulang Tahun”. Seperti di Indonesia, bagi keluarga tertentu menyelenggarakan ulang tahun ala-ala Barat (Amerika). Mendekor tempat, menyiapkan roti tar dengan lilin angka tahun. Mereka menyanyikan lagu ‘selamat ulang tahun’ dan meniup lilin sambil membatinkan harapan tertentu.

Keluargga Indonesia di California yang memiliki rumah tinggal pribadi, acap kali dapat melangsungkan acara ulang tahun. Apakah ulang tahun untuk ayah, ibu, atau anak-anak mereka. Acara di siapkan secara khusus, dan acaranya sangat meriah.

                Sebelum pendemi covid-19 melanda Dunia, dalam setahun ini. Masyarakat Indonesia di Amerika selalu menyelenggarakan pesta Ulang Tahun  dengan mengundang teman dan kerabat. Uniknya, pada acara tersebut para tamu undangna selalu mengenakan dresscode ala-ala Hawaii, atau Batik, namun bisa saja menggunakan kostum bernuansa etnik asia, bisa ala India, Thailand, atau negara tertentu yang memiliki kesan eksotik dan simple. Dresscode yang dikenakan oleh para tamu biasanya atas permintaan penyelenggara pesta.

                Kemeriahan acara ulang tahun tersebut,  Tuan rumah berserta keluarga menyiapkan hiburan berupa bend, makanan, dan menari bersama yang bernuansa etnik asia juga. Hal ini menunjukan suatu ekspresi etnik yang masih diluapkan bersama-sama teman dan sejawat sesama orang asia, khususnya Indonesia.

                Pesta keluarga ini, jarang yang  diselenggarakan bagi mereka yang tinggal di apartemen, karena keterbatasan ruangan dan tempat parkir yang mampu menampung mobil tamu undangan. Namun jika mereka ingin menyelenggarakan acara pesta Ulang Tahun dapat digelar di taman, di tempat itu biasanya ada ruangan terbuka dan bangunan semacam joglo.

Namun jika mereka tidak menyelenggarakan acara keluarga yang mengundang teman, biasanya menjadwalkan kegiatan rekreasi (tidak ada bosannya). Kebiasan umum keluarga Amerika, berlibur untuk menjalin kerekatan sosial bersama keluarga, dan juga menghindari stress.

Mereka selalu menjadwalkan kegiatan rekreasi ke tempat-tempat wisata, bahkan jika tidak ad acara khusus juga dapat dilaksanakan setiap minggu. Keluarga mapan di Amerika selalu menjadwalkan liburan mulai hari jumat hingga minggu.

                 Keluarga Indonesia yang telah mapan di Amerika, selalu mengisi hari-hari yang memiliki kenangan, seperti berlibur dan juga tradisi ulang tahun yang unik.(gmlr)


Reporter  : Harda Gumelar 
Editor      : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Tradisi Pesta Ulang Tahun Di California USA"