Fungsi Vitamin D dan Apa Yang Terjadi Jika Vitamin D Kita Kurang Dalam Jangka Waktu Yang Lama?

 

Penjelasan Fungsi Vitamin D (Foto: Youtube dr. Tony Setiobudi)

DAMARIOTIMES - dr. Tony Setiobudi menjelaskan bahwa Vitamin D mempunyai fungsi yang sangat penting untuk membantu penyerapan kalsium dari usus ke dalam darah. Jadi apa yang terjadi jika vitamin D kita kurang, kalsium yang kita makan kita boleh makan cukup kalsium kelebihan kalsium kalau kita miliki tidak kurang maka kalsium yang terserap itu sedikit dan banyak kalsium yang terbuang.

Akhirnya kalsium di dalam darah kita berkurang padahal kalsium di dalam darah ini sangat penting untuk organ-organ tubuh kita berfungsi dengan normal seperti otak jantung, otot, pembekuan darah, dan lain-lain . Jika kalsium kita rendah maka organ-organ ini atau fungsi-fungsi ini tidak dapat berjalan dengan baik, jadi kalsium di dalam darah menjadi prioritas utama bagi tubuh kita. Kalsium di dalam tulang bukan menjadi prioritas yang utama.

Artinya jika kalsium di dalam darah kita kurang kalsium di tulang kita diserap balik ke dalam darah, supaya kalsium di dalam darah tetap normal. Kala hal ini terjadi dalam jangka waktu yang panjang maka kalsium di dalam tulang kita perlahan-lahan akan berkurang dan akhirnya menjadi osteoporosis dan tulang kita menjadi gampang patah. Jika anak-anak dalam masa pertumbuhan menderita vitamin D deficiency dalam jangka Panjang, maka tulang-tulang ini menjadi lunak dan gampang bengkong. Kalau kita melihat anak-anak dengan malnutrisi yang kakinya bengkong salah satu penyebabnya adalah vitamin D deficiency.

Jadi penting sekali untuk mengetahui apakah vitamin D dalam tubuh kita atau didalam tubuh anak-anak kita cukup, sebelum terjadi komplikasi seperti tulang bengkong, osteoporosis, atau patah tulang. Karena penanganan vitamin D secara dini dapat mengurangi atau menghindari komplikasi komplikasi seperti ini.


Editor      : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Fungsi Vitamin D dan Apa Yang Terjadi Jika Vitamin D Kita Kurang Dalam Jangka Waktu Yang Lama?"