Pengalaman Wecya Sugevin Sebagai Duta Pemuda Provinsi Jawa Timur

DAMARIOTIMES - Tahun 2019, merupakan awal sebagai Duta Pemuda. Duta Pemuda merupakan salah satu ajang pemilihan duta yang diadakan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Malang. Pada waktu itu tidak dapat berlanjut dibabak seleksi lanjut.


Wecya Sugevin Duta Pemuda (Foto: Ist)


Pada tahun 2020 mencoba lagi mengikuti ajang Duta Pemuda, akhirnya lolos. Kekecewaan di tahun 2019 terbayar. Lega rasanya, mungkin ini jalan untuk menunjukan prestasi kepada orang tua.

Setelah melampau beberapa tahap seleksi, akhirnya mendapatkan predikat Terbaik sebagai Duta Pemuda pertama (juara 1) Kabupaten Malang 2020.

Perlu diketahui, ajang Duta Pemuda ini bertujuan pemilihan perwakilan untuk Jambore Pemuda Daerah di tingkat Provinsi, dan bagi yang terpilih sebagai Duta Pemuda Terbaik 1 akan mewakili Kabupaten untuk seleksi tingkat Nasional. Ini sangat keren, gaes!.

Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia, sehingga kegiatan Jambore Pemuda Daerah ditiadakan ditahun 2020.  Sungguhpun demikian, masih beruntung dapat ditunjuk langsung oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Timur mewakili Jawa Timur dalam kegiatan Jambore Pemuda Indonesia 2020 secara virtual.

Pelaksanaan Jambore Pemuda Indonesia berlangsung di Kampung Cokelat, Kabupaten Blitar. Ajang pencarian wakil pemuda itu tampil 14 kontestan dari seluruh Jawa Timur. Pelaksanaannya selama 3 hari, yang meliputi pembekalan, latihan seni budaya, dan take video seni budaya. Video setiap wakil daerah tingkat II akan ditampilkan diacara penutupan.

Ketika penayangan video seni budaya dari setiap wakil provinsi seluruh Indonesia merupakan saat yang mendebarkan. Pada waktu selesai penayangan 34 provinsi, alhamdulillah terpilih menjadi juara 1 favorit. Tentunya waktu itu, merupakan momen yang sangat membanggakan, tidak hanya bagi orang tua, namun bagi guru-guru, dan teman sejawat yang selama ini memberikan dukungan.

Kebanggan itu, tentunya membawa konsekuensi, yaitu tugas. Seorang Duta Pemuda mempunyai tugas utama menjadi role model I . Menjalin hubungan baik antar remaja seluruh Indonesia melalui pertukaran seni budaya, dan mempresentasikan budaya yang ada di daerah masing-masing. Pertukaran seni budaya dimaksudkan untuk meningkatkan integritas antara pemuda yang ada di seluruh Indoensia.

Selain menjadi seorang Duta Pemuda, kesempatan ini juga menjadi Duta Genre Kabupaten Malang. Duta Genre atau Duta Generasi Berencana merupakan duta yang berada dinaungan DPPKB (Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana). Tugasnya, mengkampanyekan program generasi berencana bagi remaja untuk mempersiapkan dan merencanakan kehidupan sosial.

Pengalaman ini merupakan sesuatu yang sangat berharga, seorang duta yang memiliki tanggung jawab mengkampanyekan budaya lokal melalui pendidikan. Karena di pundak generasi muda, kebudayaan daerah di seluruh Indonesia akan terjaga dan lestari.

 

Kontributor    
Wecya Sugevin
Mahasiswa Program studi Pendidikan Seni Tari dan Musik FS UM
Editor         : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

 

Catatan

Rublik pengalaman ini yang dapat diikuti semua masyarakat, utamanya para pelajar yang mempunyai prestasi dan belum dipublikasikan. Jika berminat hubungi admin Damariotimes.

Posting Komentar untuk "Pengalaman Wecya Sugevin Sebagai Duta Pemuda Provinsi Jawa Timur"