Oxsimeter: Alat Pengukur Oksigen Dalam Darah

 

Cara kerja Oxsimeter (Foto: ist)


               DAMARIOTIMES - Oxsimeter: alat pengukur oksigen dalam tubuh ini mendadak poputer di masa pendemi covid-19. Alat seperti jepitan jemuran ini digunakan untuk mendeteksi satuan oksigen melalui jari tangan.

Saturasi kandungan oksigen menjadi ukuran persentasi oksihemoglobin (butir darah merah yang mengikat oksigen) atau hemoglobin (komponen dalam sel darah merah yang berperan penting untuk mengikat oksigen).

Alat pendeteksi molekul hemoglobin dari empat kelompok heme yang dapat mengikat molekul oksigen dalam darah. Dalam satu molekul hemoglobin mampu mengikat hingga empat molekul oksigen selama pengangkutan sirkulasi darah dalam tubuh manusia.

Bagi orang dewasa, rentang kisaran normal saturasi oksigen arteri (SaO2) berkisar 95-100. Maka ukuran normal orang sehat oksigen setidaknya tidak kurang dari 95. jika alat ini mendeteksi pasien kurang dari 90, maka pasien dianggap membutuhkan bantuan pernafasan dengan memberikan oksigen.

Bahaya saturasi oksigen yang kurang dari 90 dapat memicu hepoksimia, yaitu kondisi tubuh tidak dapat mengirim oksigen ke semua sel, jaringan, dan organ tubuh lainnya. Sehingga dapat mengakibatkan gejala sesak napas, sekit kepala, kegelisashan, pusing, pernapasan cepat, detak jantung cepat, nyeri data, kebingungan, tekanan, tekanan darah tinggi. Kurang koordinasi, gangguan penglihatan. Disamping indikasi tersebut, gejala di atas. Hipoksemia juga dapat memicu tekanan darah yang mengakibatkan penderita terserang stroke, karena kekurangna suplai oksigen ke otak.

Memperhatikan urgensi alat tersebut, banyak pengguna diedokasi oleh pengguna sosial media, bahwa ada alat Oxsimeter yang palsu. Caranya Ketika membeli alat tersebut, disarankan untuk mencoba dengan pensil atau benda lain sebesar jari. Jika alat tersebut mendeteksi alat yang bukan jari itu 95. Maka dapat dipastikan alat itu adalah palsu.


Reporter  : Harda Gumelar
Editor      : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Oxsimeter: Alat Pengukur Oksigen Dalam Darah"