Melangkah Bersama Seni Pertunjukan: Sorotan Acara UM Menari 24 Jam dalam Peringatan Hari Tari Dunia dan Musik Nasional

 


menyambut hari tari sedunia di UM (Foto ist.)


Damariotimes. Malang, 29 April 2024. Sebanyak 200 mahasiswa Program Pendidikan Seni Tari dan Musik dari Departemen Seni dan Desain UM, dari tiga angkatan, berkumpul di sekitar gedung C9 UM untuk meramaikan Hari Tari Dunia yang jatuh pada tanggal 29 April 2024. Acara ini juga dipersembahkan untuk memperingati Hari Musik Nasional yang jatuh pada tanggal 9 Maret 2024.

Pukul 06.30 WIB, para mahasiswa mulai menari di gerbang masuk UM jl Veteran dengan berbagai jenis tari daerah untuk menyambut kedatangan para dosen dan tendik yang masuk melalui pintu gerbang utara. Kegembiraan terpancar dari gerakan mahasiswa yang cantik-cantik ini, yang dipandu oleh Dr. Tri Wahyuningtyas, M.Si., dalam memeriahkan hari yang bermakna bagi para seniman tari di seluruh dunia.

Pukul 09.00, kegiatan dilanjutkan workshop tari dan musik dengan pemateri tari Drs. Soerjo Wido Minarto, M.Pd., dan Raja Solaiman Franz (Solly Pigawahi) sebagai pemateri musik. Workshop dipandu oleh Dra. EW. Suprihatin DP., M.Pd. Acara setelah sambutan Kepala Departemen Seni dan Desan, Dr. Wida Rahayuningtyas, M.Pd. di lanjut pembukaan
oleh WD 2; Dr. Edy Hidayat, S.Pd, M.Hum., yang merasa senang melihat antusiasme para dosen dan mahasiswa dalam memberikan kontribusi terhadap kemajuan UM.


WD 2 FS membuka workshop tari dan musik (Foti ist.)



Pukul 13.00, acara semakin meriah dengan dua fokus atraksi. Di depan gedung C9, digelar musik dan tari tradisi Nusantara yang dipandu oleh para dosen seperti Hartono, S.Sn., M.Sn., Dr. Rully Aprilia Zandra, S.Pd, M.Pd, M.Sn., Tutut Pristiati, S.Sn., M.Pd., Ika Wahyu Widyawati, S.Pd, M.Pd., dan Yurina Gusanti, S.Sn., M.Sn. Sementara itu, di sebelah barat gedung C9, Dr. Robby Hidajat, M.Sn. bersama seniman transfestit  Nyai Dadak Purwa, menggelar kecak Yuwawira Dwipantara. Sebuah rekonstruksi koreografi multimedia yang bersumber dari kecak Ramayana untuk mengungkapkan karakteristik kepahlawanan Nusantara.



Yuwawira Dwipantara (Foti ist.)



Pukul 15.00, meskipun hujan turun dengan lebat, semangat mahasiswa dan dosen tetap tinggi semangatnya. Mereka melanjutkan atraksi tari "mberot" dengan tiga bantengan di areal tower; ikonik gedung C9. Atraksi berlanjut hingga matahari terbenam, mengakhiri hari yang penuh semangat ini dengan perlahan aktivitas mulai melemah untuk menghimpun energi baru di tahun yang akan datang.

 

Tim Damariotims.

Editor : MAH

Posting Komentar untuk "Melangkah Bersama Seni Pertunjukan: Sorotan Acara UM Menari 24 Jam dalam Peringatan Hari Tari Dunia dan Musik Nasional"