Mahalawu Dance Studio: Membanggakan Kesenian Tradisi di Lereng Lawu


tampilan penari sanggar Mahalawu Dance Studio (foto ist,)



            Damariotimes. Di tengah gemuruh modernisasi yang melanda, satu pusat kebudayaan teguh berdiri di daerah Lereng Lawu, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Mahalawu Dance Studio, yang berdiri sejak 2 Februari 2018, menjadi mercusuar dalam memelihara dan mengembangkan seni tradisi serta kreasi di tengah-tengah masyarakatnya.

Dibawah kepemimpinan yang gigih dan berpengalaman dari Danar Hendratmoko, seorang seniman yang berkarya dengan passion, dan didukung oleh istrinya, Siska Hariyati, sanggar ini telah berhasil menarik perhatian dengan kegiatan yang intensif dalam mengembangkan seni tradisional. Dengan fokus pada bidang Seni Tradisi dan Kreasi, Mahalawu Dance Studio telah menjadi rumah bagi 50 murid yang antusias dalam belajar tari tradisi, wayang orang, drama tari, reog, dan berbagai kesenian tradisional lainnya.



tampilan di Taman Krida Budaya Jawa Timur di Malang 


"Kami tidak hanya ingin menjaga warisan budaya, tetapi juga ingin menghidupkan kembali semangat kebanggaan akan seni tradisional kami," ujar Danar Hendratmoko, ketua sanggar, yang juga aktif sebagai koreografer dan sutradara dalam berbagai festival dan kompetisi kesenian.

Pentingnya pembentukan karakter seorang seniman juga menjadi fokus Mahalawu Dance Studio. Mereka tidak hanya mengajarkan teknik-teknik seni, tetapi juga menggali potensi kreativitas dan kepribadian setiap muridnya. Program regenerasi seniman juga dijalankan dengan serius untuk memastikan kesinambungan dalam penyaluran bakat-bakat baru.

Meskipun berada di lingkungan pedesaan, Mahalawu Dance Studio tidak ragu-ragu untuk terlibat dalam berbagai kegiatan kesenian di tingkat lokal hingga nasional. Mereka telah mendapatkan penghargaan dan piagam atas kepiawaian mereka dalam mengembangkan dan menyajikan kesenian tradisional.

Tidak hanya itu, Mahalawu Dance Studio juga mencoba untuk terlibat dalam aktivitas yang lebih luas, seperti memperkenalkan kesenian khas daerahnya melalui ajang kreativitas dan aktivasi ruang publik, dengan dukungan dari pemerintah daerah setempat dan provinsi.

"Kami berharap, melalui langkah-langkah kecil ini, kami dapat melestarikan dan memperkenalkan kesenian tradisi kami kepada generasi muda dan masyarakat luas," tambah Siska Hariyati, salah satu pendiri sanggar.

Mahalawu Dance Studio tidak hanya sekadar sebuah sanggar seni, tetapi juga menjadi simbol kebanggaan dan semangat untuk mempertahankan kekayaan budaya Indonesia. Dengan terus mengembangkan diri dan terlibat dalam berbagai kegiatan kesenian, mereka membuktikan bahwa keindahan seni tradisional tetap relevan dan dapat terus berkembang di era modern ini.

Top of Form

 

Reporter : R. Dayat

Editor     : MAH

Posting Komentar untuk "Mahalawu Dance Studio: Membanggakan Kesenian Tradisi di Lereng Lawu"