Ajar Sukma #2, Peristiwa Gelar Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Seni Tari dan Musik (PSTM) Universitas Negeri Malang (UM) Tahun 2023

 

Tari Remo dengan narasumber Sutak Wardhiono (Foto ist.)

Damariotimes. Malang, 18 Desember 2023. Gelar Uji Kompetensi Akhir Bersama Pendidikan Seni Tari dan Musik Tahun 2023, disebut Ajar Sukma #2”. Kegiatan akhir semester PSTM UM ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menunjukkan kompetensi mahasiswa dalam mengikuti matakuliah praktik, termasuk di antaranya adalah matakuliah Olah Tubuh, Repertoar Tari, Repertoar Musik, dan Komposisi.

Peserta Ajar Sukma #2 mencakup mahasiswa dari berbagai tingkatan, mulai dari semester 1 hingga semester 3, mewakili Angkatan tahun 2023 dan Angkatan tahun 2022. Mahasiswa menempuh matakuliah yang ampu dosen-dosen berpengalaman seperti Ika Widiyawati, M.Pd. (Oleh Tubuh), Dr. Tri Wahyungtyas, M.Si. (Repertoar Tari), Hartono, M.Sn. (Repertoar Musik), dan Dr. Robby Hidajat, M.Sn. (Komposisi), dan penguji musik: Dr. Aprelia Zandra, dan Tutut Perestiati, M.Pd. 


Kesempatan berfoto dengan narasumber seni tradisi (Foto ist.)


Gelar Uji Kompetensi Akhir ini bukan hanya sekadar penilaian akademis, melainkan juga sebuah perwujudan dari dedikasi, kerja keras, dan hasrat seni mahasiswa. Acara sudah dimulai sejak pukul 08.00 hingga baru berakhir pukul 23.00 WIB. Kegiatan yang melibatkan sekitar 140 mahasiswa dari dua Angkatan ini sangat antusias. Meskipun melelahkan, atmosfer kesenian yang tercipta di sekitar mereka menciptakan pengalaman berharga. Ini bukan hanya tentang menguji keterampilan praktis, tetapi juga melatih mahasiswa untuk beradaptasi dengan situasi yang mungkin mereka hadapi di dunia seni pertunjukan di masa depan. Ada penonton yang menyarankan, bahwa orang tua atau wali mahasiswa dapat diundang, sehingga mereka juga menyaksikan perjuangan putra-putrinya.

Narasumber yang terlibat dalam Ajar Sukma #2 merupakan tokoh-tokoh ternama dalam dunia seni Malang, seperti Sutak Wardhiono, Sri Hardina, Suwito Hs., Taufik Hidayat, dan berbagai tokoh musik di Malang raya. Keberadaan mereka sebagai narasumber bukan hanya memberikan wawasan praktis kepada mahasiswa, tetapi juga memperkaya pengalaman seni para mahasiswa.

Dr. Sunari, seorang apresiator seni; suami dari salah satu narasumber, Sri Hardina, memberikan pandangan mendalam terhadap arti Ajar Sukma #2. Menurutnya, kegiatan ini tidak hanya sebatas penilaian, tetapi juga sebagai suatu cara untuk menggali dan mewarisi nilai-nilai budaya dari generasi sebelumnya. Narasumber seperti Suwito Hs. pun menyoroti pentingnya pengembangan potensi seni ini secara intensif oleh Universitas Negeri Malang, sebagai suatu upaya yang tidak hanya bermanfaat secara akademis tetapi juga konservasi budaya lokal Malang.

Dengan demikian, Ajar Sukma #2 bukan hanya sebuah gelar uji kompetensi, tetapi juga sebuah peristiwa penting yang menggambarkan semangat dan semangat tinggi mahasiswa Pendidikan Seni Tari dan Musik (PSTM) Universitas Negeri Malang (UM) dalam melestarikan dan mengembangkan warisan budaya melalui seni mereka.


Reporter : R. Dayat

Editor     : Muhammad Affaf Hasiymy

 

Posting Komentar untuk "Ajar Sukma #2, Peristiwa Gelar Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Seni Tari dan Musik (PSTM) Universitas Negeri Malang (UM) Tahun 2023"