Tari Zapin Nusantara: Tari Sambut dari Kampung Budaya Polowijen (KBP) di Tampilkan Pada Gelar karya Batik Asosiasi Perajin Batik Kota Malang

        Damariotimes. Malang, Minggu, 1 Oktober 2023 berlangsung Gelar karya Batik Asosiasi Perajin Batik Kota Malang. Acara menyongsong hari batik Nasional, tanggal 2 Oktober 2023 tersebut, Asosiasi Perajin Batik Kota Malang mengadakan temu perajin batik Kota Malang. Acara ini diselenggarakan di Soendari Batik Malang; Jl. Soekarno-Hatta PTP II No, A2 Mojolangu Lowokwaru Kota Malang.
Penampilan Tari Zapin Nusantara sebagai pembuka acara (Foto ist.)
        Gelar Karya Asosiasi Perajin Batik Kota Malang merupakan kali pertama diselenggarakan, oleh karena itu masih membutuhkan banyak penyempurnaan. Sungguhpun demikian, acara yang diselenggarakan cukup meriah, salah satu adalah tampilan Tari Zapin Nusantara. Koreografi Karya Dr. Robby Hidajat, M.Sn. dari Universitas Negeri Malang (UM) yang dilatihkan sebagai tari sambut dari Kampung Budaya Polowijen (KPB).
        Tarian ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2022, sebagai penelitian kolaboratif antara Universitas Negeri Malang (UM) dan Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Tarian yang telah mengalami proses pengembangan dan adaptasi tari etnik lokal ini memberikan suasana yang hangat bagi para pesareta Gelar karya Batik Asosiasi Perajin Batik Kota Malang.
         Tari Zapin Nusantara yang sejak awal memang telah diberikan sentuhan yang kuat terhadap batik, utamanya karya batik yang dikembangkan berdasarkan motif ornament lokal antara Malaysia-Indonesia. Dr. Pujiyanto, M.Sn. sebagai penata busana memberikan sentuhan yang melankolis dan romantis terhadap koreografi Zapin Nusantara. Bahkan secara filosofis motif batik yang digunakan pada busana tari Zapin ini memberikan suatu harapan, yaitu disimbolkan dengan bunga Melati lambang kesucian, dan bunga sepatu lambang kejayaan. Harapan ini tentunya dimungkinkan dapat memberikan semangat dan harapan terhadap Asosiasi Perajin Batik Kota Malang yang baru berusia 1 tahun.
Koreografer Zapin Nusantara: Dr. Robby Hidajat, M.Sn. bersama penari pembuka (Foto ist.)
        Isa Wahyudi, M. Psi. atau yang akrab dipanggil Ki Demang (koordinator dan pengembang KBP) yang menjadi ketua Asosiasi Perajin Batik Kota Malang memang berharap demikian. Karena yang tergabung pada Asosiasi Perajin Batik Kota Malang sangat hetrogen, ada perajin dan juga ada pengusaha, dan juga ada peneliti (pengembang). Sudah barang tentu mereka mempunyai kepentingan yang tidak sederhana untuk disatukan. Walaupun demikian, Gelar karya Batik Malang yang perdana ini menjadi batu loncatan yang sangat berarti bagi anggotanya.
        Setidaknya seperti makna filosofis dari tari Zapin Nusantara sebagai niat yang suci dan harapan dapat meraih kejayaan di masa yang akan datang. Demikian Dr. Robby Hidajat, M.Sn. memberikan penegasan.
 
 
Reporter  : Muhammad Afaf Hasyimy
Editor       : H. Gumelar

 

Posting Komentar untuk "Tari Zapin Nusantara: Tari Sambut dari Kampung Budaya Polowijen (KBP) di Tampilkan Pada Gelar karya Batik Asosiasi Perajin Batik Kota Malang"