Sunari; Pameran Seni Rupa Masuk Sekolah Bertajuk the 4th Solo Exbition of Painting & Installation Art

        Damariotimes, Malang, 4-14 Oktober 2023. Sunari (72 th.) salah satu pelukis dan guru seni rupa di Malang.  Produktifitasnya berkarya di selah sebagai guru seni rupa sudah lebih dari 40 tahun di Malang. Awal bulan Oktober ini mendapat fasilitas gratis dari sekolahnya, tempat dia mengajar; Charis National Academy.
Pembukaan pameran yang dihadiri oleh sejawat perupa Malang (Foto ist.)
        Sunari menceritakan, Charis National Academy; Sekolah yang punya fasilitas lengkap, dan guru-guru professional, termasuk dirinya. Saat ini sudah berusia 72 tahun, tapi sepimpinan sekolah ini tidak memandang usia, akan tetapi potensi. Bahkan ruang-ruang di sekolah ini terpelihara rapi, seperti ruang tempat dia pameran. Ruang ini adalah kelas yang sudah tidak dipakai, tapi bukan gudang. Maka sangat mungkin digunakan untuk berkesenian.
        Kepekaan dan kecermatan respon estetik Sunari, tempat tersebut disulap jadi ruang pamer yang elegan. Ruangan itu tidak di ubah, tapi direspon. Seperti white blood dijadikan arena pajang koleksi wayang, sehingga tampak seperti display museum wayang, wastafel di respon jadi instalasi.
Penulis menyaksikan pameran (Foto ist.)
        Ketika waktu istirahat siswa sekolah tersebut sama menonton dengan sangat antusias. Ini ide cemerlang yang belum dibidik sebagai pengembangan objek belajar siswa oleh Diknas. Sunari mengemukakan jika sekolah secara bergantian dapat mengundang seniman atau gurunya yang mengadakan pameran, maka siswa akan lebih  dekat melihat pameran, lain halnya dengan mahasiswa, dosen seni harus aktif mendorong mahasiswa lihat pameran. Karena siswa sekolah waktu sudah habis di sekolah, maka pameran seni yang diselenggarakan di sekolah, atau pameran seni masuk sekolah, seperti yang dikerjakan Sunari pada saat ini, 'Pameran seni rupa masuk sekolah'.
 
 
Reporter : R. Hidajat
Editor      : Muhammad Afaf Hasyimy

1 komentar untuk "Sunari; Pameran Seni Rupa Masuk Sekolah Bertajuk the 4th Solo Exbition of Painting & Installation Art"

  1. Tahun ,1974, saat kami mengajar di SD K DONYSIUS Malang, setiap akhir tahun, saya pameran bersama karya siswa SD, itu memotivasi siswa untuk belajar menggambar dan sebagainya.
    Tahun 1976 saya mengajar di SD SMP PPSP IKIP MALANG, saya teruskan aktivitas berpameran bersamam siswa, alhamdulilah motivasi itu terpateri di hati siswa sampai kini. Alhamdulillah

    BalasHapus