Pertama Kali Makan Nasi Kandar Di Penang Malaysia

        Damariotimes. Perjalanan ke Penang, salah satu pulau di wilayah Malaysia bagian barat yang luasnya kurang lebih 290 Km. Wilayah ini merupakan salah satu tujuan wisata terpopuler di Malaysia. Mereka yang berkunjung ke Penang dapat dipastikan akan berjumpa dengan kuliner lokal, yaitu nasi Kandar.
Harda Gumelar dan Muhammad Afaf Hasyimy pertama kali menyantap nasi Kandar (Foto ist.)
        Nasi Kandar merupakan salah satu kuliner khas Malaysia yang merupakan paduan unik antara nasi putih yang disajikan bersama bermacam-macam lauk-pauk, saus, dan bumbu-bumbu yang berasal dari kuliner India Mamak dan Pakistan (orang India Muslim).
        Asal-usul sebutan nasi Kandar di Malaysia. Istilah Kandar berasal dari kata Bahasa Tamil yang berarti ‘Bahu’. Penjual nasi Kandar menjajakan dengan cara memanggul dengan sebatang kayu yang diletakan di bahu (istilah Kandar) (Ind. Pikulan). Jinjingan tersebut berisi bakul nasi panas, dan lauk-pauk.
Penjaja Nasi Kandar yang menjinjing dagagannya keliling (Foto ist.)
        Pada masa kolonial Inggris di Malaysia. Para penjaja nasi Kandar menawarkan nasi secara berkeliling di jalan-jalan atau di sekitar pelabuhan. Penjaja nasi Kandar melayani para pekerja di Pelabuhan. Penjual nasi Kandar ini kemudian berkembang dari generasi ke generasi, bahkan sekarang sudah tidak lagi dijumpai nasi Kandar yang berkeliling, akan tetap sudah mendirikan restoran, dan berbagai gerai diberbagai tempat, termasuk di kantin-kantin perguruan tinggi.
        Bagi mereka yang pertama kali menyantap nasi kandar, seperti dua wisatawan dari Indonesia, Muhammad Afaf Hasyimy dan Harda Gumelar. Reporter dan editor Koran online Damariotimes, melakukan liputan mulai tanggal 6-9 September 2023 di berbagai wilayah wisata di Penang. Mereka mengidentifikasi elemen nasi Kandar yang dihidangkan.
  1. Nasi Putih; pelayan pertama kali melayani hidangan nasi kandar dengan cara mengambilkan nasi putih hangat. Semuanya pelayan nasi kandar selalu menambahkan nasi putih di atas piring untuk dasar tempat hidangan yang lain.
  2. Lauk-Pauk; mereka yang akan menyantap nasi kandar akan memperhatikan berbagai lauk-pauk yang berada di nampan-nampan seperti hidangan daging ayam, sapi, kambing, ikan laut, udang, telur yang dimasak dengan berbagai bumbu jenis kari, dan juga dapat menambahkan sayuran.
  3. Saus Kandar; berbagai lauk yang telah menyertai nasi putih, kemudian saus yang acapkali dibuat dari campuran rempah-rempah yang terdiri dari cili, bawa merah, bawang putih, jahe, dan di dalamnya terasa rasa cengkeh yang kuat.
  4. Pelengkap nasi Kandar, yaitu acar, telur rebut, dan irisan timun
  5. Minuman yang dapat dipesan untuk menetralisir rasa rempah yang menyengat, yang khas Malaysia adalah teh tarik (teh susu yang diaduk hingga berbusa), atau minuman hangat dan dingin yang lain. Menurut selera.
        Dua reporter Damariotimes selama di Penang Malaysia menikmati nasi Kandar bukan hanya tentang bersantap, namun hal tersebut merupakan pengalaman budaya yang unik. Menikmati nasi kandar mulai dari warung jalanan, hingga ke retoran. Semuanya menawarkan citarasa autentik dan khas sebagai kuliner masyarakat Melayu di Malaysia, bahkan semuanya mengklaim sebagai kuliner yang asli diterima secara turun temurun.
 
 
 
Reporter       : H. Gumelar
Editor           : Muhammad Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Pertama Kali Makan Nasi Kandar Di Penang Malaysia"