Dosen Universitas Negeri Malang Kembangkan Batik Cap bermotif Topeng Malang

        Damariotimes. Desa Binaan Universitas Negeri Malang melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) yang berada di wilayah Desa Jatirejoyoso Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Desa yang berpenduduk 5.337 jiwa memiliki keragaman usaha. Bahkan menurut Bendahara Desa; M.Arifin. Desa Jatirejoyoso ini juga mengembangkan sentra wisata, hanya saja masih belum intensif dikelola. Jika sentra ini dapat berkembang, maka memungkinkan dapat memberikan nilai tambah yang besar. Maka, upaya pengembangan keterampilan perempuan untuk keterampilan membatik cap bermotif topeng.
Wayang Topeng Malang dari Desa Kedungmonggo (Foto ist.)
         Menurut salah satu anggota pelaksana pengabdian, Dr. Pujiyanto, M.Sn. Desa Jatirejoyoso memiliki kemungkinan untuk mengembangkan sentra ketrampilan membatik. Mengingat akhir-akhir ini di Malang telah marak mengembangkan keterampilan membatik.
Persiapan Cap dari Kardus untuk Latihan (Foto ist.)
        Ketua Tim Pengabdian Masyarakat, Dr. Robby Hidajat, M.Sn. menunjukan persiapan yang dilakukan, yaitu merancang desain-desain motif yang dikembangkan dari topeng Malang. Bagi masyarakat yang belum pernah menyaksikan seni pertunjukan Wayang Topeng Malang, tentunya akan dapat semakin mengenal. Seni pertunjukan berlakon panji, dengan dalang sebagai narator dan diiringi musik gamelan berlaras pelog. Adapun topeng-topeng untuk menggelar pertunjukan lebih kurang 160 jenis topeng. Hal ini tentunya sangat kaya akan berbagai bentuk, warna, dan ornamen yang dapat dikembangkan.
Desain motif topeng yang akan dikembangkan menjadi cap batik dari tembaga (Foto ist.)
        Peserta pelatihan yang diajukan kurang lebih 10 orang yang mewakili setiap dusun, kegiatan secara rutin akan diselenggarakan setiap minggu, pada hari Selasa mulai pukul 13.00 -17.00 WIB. dengan tahapan mulai dari pengenalan desain, teknik mengecap, dan proses produksinya. Rencana yang telah disepakati bersama pihak kelurahan, bahwa pelatihan ini akan ditutup dengan pameran produk pada akhir kegiatan pelatihan. Demikian penjelasan ketua tim pengabdian yang ditemui di kantor Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik FS UM.
 
 
 
Reporter  : H. Gumelar 
Editor      : S. Narwati

Posting Komentar untuk "Dosen Universitas Negeri Malang Kembangkan Batik Cap bermotif Topeng Malang"