Tahukan Anda, Tentang Asal Usul dan Makna Simbolik Telur Paskah

        Damariotimes. Telur Paskah merupakan simbol penting dalam perayaan Paskah, hari raya yang penting bagi umat Kristen di seluruh dunia. Telur Paskah diartikan sebagai simbol kehidupan baru. Telur Paskah juga memiliki makna simbolis yang penting dalam kebudayaan dan agama Nasrani.
Telur Paskah (sumber Pixaboy)
Asal-Usul Telur Paskah
        Asal usul telur Paskah merupakan tradisi agama Kristen Timur dan Ortodoks yang berakar dari tradisi masyarakat Yunani pra-Kristen. Di dalam agama Yahudi, telur telah lama dijadikan sebagai simbol dari kebangkitan dan kehidupan baru. 
        Selama perayaan Paskah masyarakat Yahudi, telur digunakan sebagai bagian dari ritual memperingati kematian dan kebangkitan Yesus. Tradisi memasak telur dan menghiasnya dengan berbagai ornamen yang menarik itu merupakan tradisi yang mulai muncul di wilayah Kekaisaran Romawi Timur pada abad ke-4 Masehi. Pada era tersebut, telur Paskah dapat diberikan sebagai hadiah diantara umat Kristen. Berikutnya menjadi lebih popular pada abad pertengahan, bahkan menjadi bagian penting dari berbagai tradisi dan kebiasaan yang dilakukan oleh umat Kristen di seluruh dunia.
 
Makna Simbolis Telur Paskah
        Telur Paskah memiliki banyak makna simbolis, dalam tradisi agama Kristen, telur Paskah diartikan sebagai simbol kebangkitan dan kehidupan baru, atau sebagai simbol kesuburan dan kehidupan yang tak terbatas, artinya; Yesus Kristus telah menawarkan kesuburan dan kehidupan yang tak terbaas. Sehingga spirit tersebut menyatu dengan tradisi lokal orang-orang di Asia Tenggara. Selain daripada itu, warna-warna yang untuk menghias telur Paskah juga memiliki makna simbolis. Warna merah diartikan sebagai simbol semangat dan harapan, warna hijau diartikan sebagai kesuburan dan harapan baru, warna biru diartikan sebagai simbol kesucian dan kebebasan, sedangkan warna putih diartikan sebagai simbol kemurnian dan keperawanan.
 
 
 
 
Reporter       : R. Hidajat
Editor           : H. Gumelar

Posting Komentar untuk "Tahukan Anda, Tentang Asal Usul dan Makna Simbolik Telur Paskah"