Apakah Anda Tahu, Fungsi dan Makna Dwarapala

        Damariotimes. Dwarapala merupakan bentuk seni arca kuno yang bersebar diberbagai candi-Candi di Jawa, bahkan juga ada yang terdapat di luar Jawa. Dwarapala memiliki bentuk yang unik, ciri-ciri yang khas, yaitu berupa patung raksasa membawa gada dengan posisi duduk.
Salah satu Patung Dwarapala di Candi Penataran (Foto ist.)
        Dwarapala seringkali ditemukan pada pintu-pintu gerbang Pura atau Candi, tujuannya sebagai simbol pengawal atau pelindung, secara simbolik dapat dipahami sebagai “Tolak Balak”. Di balik keunikan patung Dwarapala, ternyata terdapat fungsi dan makna yang perlu diketahui, sebagai berikut:

Fungsi Dwarapala
       Dalam kebudayaan Hindu, Dwarapala berfungsi  menjadi simbol pelindung dan penjaga. Fungsi utama dari patung ini adalah sebagai penjaga keamanan dan kesucian tempat, seperti Pura atau Candi. Dwarapala diyakini sebagai pengawal spiritual yang akan membantu dalam menjaga tempat yang disucikan.
        Dalam perkembangan kebudayaan di Indonesia pada masa Hindu, Fungsi Dwarapala sebagai tidak hanya sebagai pengawal spiritual, namun sebagai simbol kepercayaan tradisional tentang kekuatan magis pengusir roh jahat.

Makna Dwarapala
        Secara etimologi, kata Dwarapala terdiri dari dua suku kata, yaitu “dwara” yang memiliki makna pintu, dan kata ‘pala’ berarti kepala. Jadi Dwarapala dapat diartikan sebagai kepala pintu. Kepala pintu ini diyakini dapat menjaga keamanan dan perlindungan tempat-tempat yang disucikan.
        Dalam kebudayaan Hindu, Dwarapala dianggap sebagai kekuatan spiritual Dewa Siwa dan Dewa Brahma. Dewa Siwa diyakini sebagai simbol kekuatan spiritual penghancuran dan pemurnian, sedangkan Dewa Brahma merupakan simbol dari keabadian, dan kreativitas. Kehadiran Dwarapala dipandang sebagai bentuk representasi kekuatan spiritual Dewa Siwa dan Brahma yang melinduni tepat-tempat suci atau disucikan.
 
 
 
Penulis      : R. Hidajat
Editor        : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Apakah Anda Tahu, Fungsi dan Makna Dwarapala"