Nilai-Nilai Pendidikan dalam Tari Grebeg pada Wayang Topeng Malang

        Damariotimes. Malang, 21 Maret 2023 telah diselenggarakan pelatihan tari yang bersumber dari Wayang Topeng Malang. Selaku Instruktur pelatihan Tri Handoyo dari Sanggar Wayang Topeng Asmarabangun Desa Kedungmonggo Kabupaten Malang.
Pelatihan tari Grebeg Sabrang (Foto ist.)
        Pelatihan tersebut dikuti oleh 150 guru-guru SD dan SMP se-Kota Malang diselenggarakan di Pedopo Taman Krida Budaya Jawa Timur Jl. Soekarno Hatta Malang. Peserta yang hadir sangat antusias, bahkan bersemangat mempelajari tari Grebeg Sabrang. Tari Grebeg Sabrang merupakan tarian jenis tari baris-berbaris dari prajurit. Dalam penyajian Wayang Topeng terdapat dua jenis tari Grebeg, yaitu Tari Grebeg Sabrang dan Tari Grebeg Jawa.
        Tari Grebeg Sabrang yang dilatihkan pada para guru tersebut diharapkan dapat digunakan sebagai materi bahan ajar keterampilan, namun pada dasarnya yang sangat diharapkan adalah dapat menjadi media transformatif dari nilai-nilai lokal yang khas Malang.
        Sebagaimana tari bertemakan prajurit merupakan seni pertunjukan yang mamiliki nilai-nilai kuat dan penting bagi masyarakat Jawa. Beberapa nilai yang terkandung diantaranya keberanian, Kesetiaan, Kehormatan, dan Kedisiplinan.
  1. Keberanian; dalam gerak tari grebeg dapat dirasakan oleh mereka yang mempelajari adanya kekuatan, gerakan yang enerjik. Sebagai sebuah tampilan tari grebeg memberikan gambaran kekuatan gerak tangan, kaki, dan arah badan yang tegap. Kekuatan yang tunjukan merupakan bentuk cerminan dari semangat pantang mundur dalam mempertahankan negara dan bangsa.
  2. Kesetiaan adalah cerminan dari gerakan yang tertata secara harmonis, serempak, dan menunjukan kebersamaan dalam sebuah tim. Sehingga gerakan tari grebeg menunjukan pola yang dilakukan secara serempak.
  3. Kehormatan merupakan cermin dari gerakan yang menunjukan kepatuhan dalam tim, sportivitas, dan hormat terhadap pimpinan. Sebagai prajurit mematuhi koordinasi dan seragam, menunjukan adanya kepatuhan terhadap aturan dan tata cara dalam sebuah kesatuan.
  4. Kedisiplinan merupakan nilai-nilai dalam tari grebeg, penari harus memiliki kemampuan atas dasar pengalaman dalam melakukan latihan. Menari harus dilaksanakan secara disiplin, demikian juga dengan prajurit harus memiliki kedisiplinan, hal ini diharapkan dapat menyiapkan kondisi tubuh yang prima, kuat, dan tangkas.
        Nilai-nilai dalam tari grebeg Sabrang dapat digali adanya rasa solidaritas, dan ikatan persaudaraan. Karena alam mengekspresikan tarian prajurit harus menunjukan pola kerjasama dan kekompakan. Prajurit tentunya dituntut kemampuan untuk kerjasama dan saling membantu, sehingga mampu membentuk solidaritas kelompok yang solid. Sudah barang tentu juga mengajarkan siswa menghargai pentingnya persatuan, kerjasama, dan harga diri.
 
 
 
Penulis     : R. Hidajat
Editor       : Muhammad ‘Afaf Hasyimy 

Posting Komentar untuk "Nilai-Nilai Pendidikan dalam Tari Grebeg pada Wayang Topeng Malang"