Hanoman Dalam Cerita Ramakien (Ramayana) Versi Thailand

        Damariotimes. Hasil penelitian Dr. Robby Hidajat, M.Sn. yang ditulis dalam buku: Eastern  Aesthetics on Perspective on Ramayana Performing Art in Indonesia and Thailand. Menguraikan tentang tokoh Hanoman. Tokoh yang sangat legendaris di duna negara Indonesia dan Thailand ini berasal dari Epos Ramayana yang berasal dari budaya India (Hindu). 
Lukisan Hanoman (Foto ist.)
        Hanoman dalam lakon Ramakien Thailand, adalah salah satu sekutu utama Rama. Mereka Bersatu melawan Ravana (Rahwana), seorang raksasa (iblis) yang telah menculik Sinta; Istri Rama. Hanoman diceritakan sebagai seorang kera putih yang besar dan kuat, diyakini oleh masyarakat Thailand sebagai simbol kesetiaan, keberanian, dan kebijaksanaan. Dalam pertempuran Rama melawan Ravana, Hanoman menyeberangi Samudra Hindia untuk dapat masuk dalam kerajaan Langka.
      Selama menjalankan tugas, Hanoman menunjukan kemampuan yang maha dahsyat, terbang, dan atau menyelam ke dasar samudra, mengubah ukuran tubuh, dan memporak-porandakan kota Lanka. Ekornya yang menyala membakar kota Lanka, hingga seluruh raksasa pontang-panting kesulitan menaklukan Hanoman.
       Tokoh Hanoman dalam Ramakien tidak hanya pejuang, namun juga dikenal sebagai orang bijak dan spiritual. Hanoman sebagai penasehat Rama dalam menghadapi segala tantangan selama mengalahkan raja Iblis; Ravana. Sehingga tokoh Hanoman di Thailand hingga saat ini diyakini sebagai pelindung seniman dan penari. Figurnya sangat banyak dilukis sebagai karya seni rupa, tarian, drama diseluruh negara sebagai simbol kekuatan dan kebijaksanaan.
 
 
 
Reporter : Harda Gumelar
Editor      : Muhammad Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Hanoman Dalam Cerita Ramakien (Ramayana) Versi Thailand"