Degan Bakar Berkhasiat: Mek Limolas Ewu-An

       Damariotimes. Semua orang ingin sehat, terutama yang sedang pegal-pegal karena kepenatan bekerja. Boleh mampir di Degan Bakar Cak Jum di Jl. Arjowinangun. Tepatnya jalan ke selatan dari timur pasar Gadang. Kedai sederhana itu ada di sebelah kiri jalan. 
Menikmati Degan Bakar sambil bersantai (Foto ist.)
        Degan Bakar ini hanya dibakar di sebuah tungku, setelah benar-benar kulitnya terbakar hangus, kemudian diangkat dan dikupas. Setelah itu di sayar hingga kulit tempurungnya terbuka, bisa degan yang tipis sayat dengan sendok. Cara menghidangkan di sediakan gelas, dan centong untuk mengangkat air dari tempurungnya. Hangat-hangat panas, rasanya seperti rebusan kacang, atau seperti air tebu, bahkan rasa semoki bakaran terasa juga. 
Kedai Degan Bakar Cak Jum. (Foto ist.)
        Cak Jumadi mengaku usaha ini sudah berjalan selama dua tahun ini, tepatnya pada waktu pandemi covid-19. Banyak warga yang mencari pengobatan atau mempertahankan stamina tubuh agar terhindar dari serangan virus mematikan itu. Pada umumnya mereka yang ingin mempertahankan stamina diracikan dengan rempah penghangat tubuh, bisa di tambah jahe, sere, dan gula aren, atau madu.
        Setelah minum degan bakar, tubuh terasa hangat. Karena minumnya memang sangat nikmat kalau hangat-hangat. Pasti memiliki khasiat yang diharapkan, bahkan cak Jum juga merekomendasi bagi mereka yang menderita 7  penyakit, setidaknya seminggu dua kali mengkonsumsi degan bakar. Keluhannya menjadi berkurang. Sudah barang tentu harus menjaga pola makan yang disarankan dokter. 
Khasiat Degan Bakar (Foto ist.)
        Degan bakar di tempat cak Jum sangat-sangat murah, bahkan standar umumnya penjual degan di pasaran, yaitu hanya Rp. 15.000 (lima belas ribu). Tentunya harganya tidak memberatkan bagi pelanggannya yang mengkonsumsi secara rutin. Apakah anda sudah pernah mampir di kedai Degan Bakar Cak Jum. Silahkan komen, di bawah ini, agar masyarakat benar-benar mendapatkan manfaat dan khasiat Degan Bakar.
 
 
 
 
Reporter   : Suci Narwati
Editor       : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Degan Bakar Berkhasiat: Mek Limolas Ewu-An"