Tari Zapin Hasil Penelitian LPPM UM Tampil di Pesta Pernikahan

Damariotimes. Malang, 10 Desember 2022. Tari Zapin karya Dr. Robby Hiajat, M.Sn. berserta tim peneliti yang tergabung dalam skema I’MRC di gelar kembali disebuah acara pernikahan. Penelitian yang telah dikerjakan selama dua tahun ini melibatkan peneliti dari Universitas Negeri Malang, yang terdiri dari Dr. Robby Hidajat, M.Sn. sebagai ketua, dan anggota terdiri dari: Prof. Dr. Suyono, M.Pd., Dr. Joko Sayono, M.Pd., M.Hum. anggota dari alumni Keguruan Seni Rupa: Muhammad ‘Afaf Hasyimy, dan anggota dari mahasiswa UM: Desy Ratna Syahputri. Peneliti kolaborator dari UTM, diketuai Dr. Iziq Eafifi Bin Ismail, dan beranggotakan penelitinya terdiri dari: Prof. Dr. Syed Ahmad Iskandar, dan Dr. Norliza Bt. Mohd Isa.

Penari zapin foto bersama keluarga mempelai (Foto ist )

Dua diantara hasil penelitian tari Zapin yang digelar pada acara sebuah pernikahan yang diselenggarakan di Hotel eL Hotel Grande Malang di Jalan Bukti Palem Raya no. 1&3 Malang Jawa Timur. Tarian itu dikhususkan untuk memberikan semangat dan dukungan bagi mempelai dengan harapan memberikan penguatan dalam mengarungi mahligai pernikahan, yaitu tari Zapin Raja di Laut, yang di dalamnya menceritakan tentang kegembiraan wanita-wanita Melayu yang menyambut pujaan hatinya yang datang dari berlayar. Pada zaman dahulu, laki-laki perkasa mengarungi Samudra luas untuk mencari nafkah, berdagang keberbagai wilayah. Mereka datang dielu-elukan sebagai pahlawan, raja yang membawa sejumlah harta. Mereka nanti akan bersiap untuk dapat mempersunting dari salah satu gadis yang menjadi pujaan hatinya. Penari yang menampilkan terdiri dari 1) Nahliza Armitha Fajarinada, 2). Renaza Egis Widyarani, 3). Rita Putri Septiani, 4). Sandra Aulian, 5). Winnie Padnecwara, dan  6). Zaskia Astri Putri.
Zapin Raja di Laut; Mahasiswa PSTM (Foto Ist.)

Tarian zapin yang kedua berjudul Zapin Empat-Empat, tarian ini di kreasi berdasarkan musik Garapan Bagus Brahmanto, seniman legendaris di Kota Malang. Tarian tersebut merupakan zapin modern yang menggambarkan kegembiraan dan kedinamisan penari yang melenggangkan tubuh secara serempak. Semangat dari tarian ini adalah menciptakan suasana menjadi meriah atau semarak, karena tarian ini dimaksudkan sebagai penghormatan untuk para tamu-tamu undangan yang dimuliakan. Adapun penarinya terdiri dari 1). Risma Ayu Susilowati, 2). Riza Andini, 3). Tri Rahmah Nisa'ul Fathonah, 4). Nadiratul Farhani,  5).Ophy Insyira Humairoh, dan  6). Vilantra Yolanda. Penari yang tampil tersebut dari Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik, Departemen Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.
zapin empat-empat (foto ist.)
Tampilan tarian tersebut khusus dipersembahkan pada Prof. Dr. Endah Tri Priyanti, M.Pd. beserta mempelai berdua. Mengingat tarian yang terus didorong untuk dapat menjadi asset Universitas Negeri Malang. Oleh karena itu tampilan ini merupakan uji coba yang kesekian kali untuk membutikan potensi dari karya seni yang bermanfaat bagi masyarakat umum.

 

Reporter   : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Editor       : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Tari Zapin Hasil Penelitian LPPM UM Tampil di Pesta Pernikahan"