Discovery Gems Gallery Pattaya: Produksi Permata Internasional

Damariotimes. Mengunjungi destinasi wisata di Thailand tidak ada habisnya untuk membuat sensasi dan ketakjuban para wisatawan. 

Menaiki kereta masuk Discovery Gems Gallery (Foto ist.)
Tujuan setiap destinasi adalah professional dan ekonomis, mereka berdagang dengan cara menghibur (entertainment), seperti mengunjungi Discovery Gems Gallery. Alamatnya; 555 - 6 N Pattaya Rd, Muang Pattaya, Amphoe Bang Lamung, Chang Wat Chon Buri 20150, Thailand
Diorama perajin logam dan permata tradisional (Foto ist.)

         Ketika sampai di lokasi, penampakan dari depan tempat ini seperti toko, setelah masuk setiap pengunjung harus antri dan ditempel sticker yang terdapat nomor. Tujuannya untuk mengetahui jumlah para pengunjung dan rombongan dari kelompok wisatawan yang dikoordinir. 
        Wisatawan diarahkan untuk naik kereta-keretaan seperti di Dufan, setiap kereka diisi oleh setiap rangkaian diisi oleh 4 orang yang duduk berhadap-hadapan, ada tiga rangkaian setiap kali jalan. Ternyata kereta itu membawa para wisatawan untuk berpetualang menyaksikan diorama proses pencarian bau mulia, mulai dari penggalian secara tradisional, proses pencucian, dan memfungsikannya dari berbagai wilayah etnik, dan berakhir hingga pembuatan perhiasan secara modern. 
        Kurang lebih 15 menit, petualangan mengitari diorama yang ditata dan didesain secara apik, professional, dan benar-benar dapat mengedukasi wisatawan. Mereka memang tidak didorong untuk membeli, namun digali secara mendalam perasaannya yang dipaksa harus menghargai sebuah ‘permata’. Sehingga ketika mereka turun dan masuk ke toko tidak akan menggerutu, bahwa harga perhiasan itu memang mahal. 
        Mereka tidak membeli batu permata bukan karena tidak suka, hanya tidak punya uang untuk memiliki. Namun perasaannya pasti tidak akan menolak, bahwa pembuatan permata yang sedang mereka lihat dietalase memang mempunyai perjalanan yang panjang. Bahkan berjuta-juta tahun yang lalu telah diproses oleh alam. Manusia mempunyai andil hanya 10-20%. Namun daripada itu, mereka mengerjakan permata yang didisplay itu juga tidak mudah. Para perajin di Gems Gallery semuanya professional. Mereka mempunyai bagian sendiri-sendiri yang tidak dapat dikerjakan oleh satu orang, sehingga pencapaian kualitas memang benar-benar tidak dapat dipandang remeh.
        Kekaguman wisatawan setelah menyaksikan proses pembuatan, dan masuk ke toko dapat memahami. Bahkan membeli permata untuk hadiah istri memang benar-benar memiliki arti tersendiri, yaitu menghargai sebuah proses untuk mewujudkan sesuatu yang indah.

 

 

 

Reporter          : R. Hidajat

Editor              : Muhammad 'Afaf Hasyimy


Posting Komentar untuk "Discovery Gems Gallery Pattaya: Produksi Permata Internasional"