Bukit Bendera Wisata Alam Mendaki Bukit dengan Kereta Kabel

Damariotimes, jika ke Penang, jangan lupakan untuk meluangkan waktu ke Penang Hill atau dikenal dengan bukit Bendera. Buka mulai pk 6.30-23.00 waktu setempat, dengan tiket domestik 12 RM dan wisatawan asing 30 RM. Dan bisa beli tiket jalum cepat dengan membayar 80 RM. Walaupun nanti masuk kereta yang sama.
Bukit ini pada zaman kolonial digunakan untu perkebunan strawberry. Sekarang pemerintah Malaysia memanfaatkan untuk destinasi wisata alam menikmati panorama perbukitan dan dapat memandangi kota Bandar Georgetown dari ketinggian.

Tempat pembelian tiket ke bukit Bendera (Foto ist )

Menjangkau pemandangan yang indah itu harus naik kereta elektrik yang dikendalikan melalui sistem komputer. Ada dua kereta yang dioperasionalkan untuk berangkat dan datang, satu kali pemberangkatan dapat memuat kurang lebih 50-80 orang. Mereka bisa duduk dan yang lain terpaksa berdiri untuk dapat cepat terangkut. Kereta berangkat dengan jalan menanjak terjal, kurang lebih 180 drajat berjalan kamu menahan adrenalin dengan kecepatan kereta 40-60/km perjam.
Selama melaju kanan dan kiri tampak hutan tanaman liar yang rimbun, satu kali terlihat pemandangan kosong dengan panorama luas perbukitan, dan satu kali masuk trowongan sekitar 2-4 menit gelap gulita dan berikutnya terang dan tampak kereta yang turun berpapasan di jalur rel yang lain.

Tempat foto diketinggian 800 meter di atas permukaan laut (Foto ist.)

Setelah sampai di puncak bukit, semua penumpang harus turun jalan keluar melalui bangunan beton baja sebagai jembatan penghubung. Jalannya lurus dan beberapa kali berbelok, tak lama juga masuk ke areal yang luas, di sebelah kanan ada masjid besar diatas bukit. Jika akan mencapainya harus naik tangga sekitar 25 meter, tapi jika kita belok ke kanan dapat memandangi kota Penang dari ketinggian 800 meter diatas permukaan laut.  Untuk dapat memandangi jelas Bandar Georgetown bisa menyewa teleskop berbayar 2 RM. Atau mau berfoto dengan memilih angle foto yang Instagramable dengan panorama luas dengan membayar jasa 5 RM.

Anda dapat menggunakan teleskop ini untuk melihat bandar Georgetown (Penang) lebih detail (Foto ist.)

Setelah puas berfoto di ketinggian bukit Bendera, bisa segera turun untuk menumpang kereta yang akan menghantar turun. Setelah penumpang penuh, pintu tertutup dan kereta melaju turun, sensasinya tak kalah dengan waktu turun, dapat membuat adrenalin memicu keringat dingin. Karena kereta melaju turun dengan sangat cepat melewati lorong perbukitan yang terjal.
Anda yang pernah menikmati naik kereta laju di Penang Hill bisa ungkapkan komentar, mungkin dapat berbagi pengalaman merasakan nyali kita bertahan untuk tidak teriak ketakutan.