Pembinaan Kesenian & Organisasi Reog, Jaranan, dan Thak-Thakan oleh Disbudporapar Kabupaten Tuban

Damariotimes, Tuban, tanggal 15-16 November 2022 bertempat di Aula Perpustakaan UNIROW Tuban jl. Manunggal no. 61. Dilangsungkan kegiatan Pembinaan Kesenian dan Organisasi Kesenian: Reog, Jaranan, dan Thak-Thakan. Sebagai pembicara,  Sukatno, S.Sn., MM. Mantan Direktur Taman Budaya Jawa Timur, dan Dr. Robby Hidajat, M.Sn. dari prodi Seni Tari dan Musik DSD FS Universitas Negeri Malang.

Tampilan para narasumber (Foto ist.)

Kegiatan ini dibuka oleh pembantu rektor III UNNROW yang menyambut baik, bahwa perguruan tinggi dapat berpartisipasi dalam pembinaan seni pertunjukan di Tuban. Hal ini sesuai dengan harapan dari Disbudporapar Tuban, yang dikemukakan oleh Kabid Kebudayaan; Drs.Sumadi. Sukatno, mengemukakan berbagai aspek yang terkait dengan jaranan dan reog, utamanya dari segi teknik dan penyajian, sementara Dr. Robby Hidajat, M.Sn. lebih menekankan pada aspek pembinaan teknik penyajian yang bertolak dari segi estetika seni pertunjukan.

Pada hari kedua dilangsungkan kegiatan apresiasi teknis seni pertunjukan jaranan dan reog oleh Sukatno, sementara untuk Thak-Thakan dan Gendruwo ayun-ayun didampingi oleh Dr. Robby Hidajat, M.Sn, Buntas Pradoto, S.Pd, dan Eko Hardoyo, S.Sn. 

Rekonstruksi Thak-Thakan (Foto ist.)

Pada akhir kegiatan dilakukan evaluasi dengan para narasumber Sukatno, S.Sn., MM., Dr. Robby Hidajat, M.Sn., dan Buntas Pradoto, S.Pd. umumnya memberikan support positif dari para peserta yang sebagai pekerja seni pertunjukan tradisional Tuban.



Reporter : Muhammad ‘Afaf Hasyimy
Editor      : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Pembinaan Kesenian & Organisasi Reog, Jaranan, dan Thak-Thakan oleh Disbudporapar Kabupaten Tuban"