Ada apa: Hari Jadi Kota Probolinggo (HADIPRO)

Damariotimes. Kota Probolinggo – seperti daerah-daerah yang lain, selama ini telah vakum selama dua tahun,  karena dilanda pandemi Covid 19. Kali ini, setelah pendemi melandai, masyarakat Kota Probolinggo berkesempatan memperingati hari jadi Kota Probolinggo. Jumat, Tanggal 2 September 2022. Wali Kota Probolinggo: Habib Hadi Zainal Abidin membuka secara resmi rangkaian Festival Pendalungan, Pasar Rakyat, dan Gelar UMKM.

Pembukaan HADIPRO ke 663 (Foto Ist.)

Peringatan hari Jadi ke 663 Kota Probolinggo (HADIPRO) Tahun 2022 digelar secara meriah di Stadion Bayuangga. Ribuan warga antusias mengikuti acara tersebut, hal ini juga dinikmati oleh para UMKM yang selama ini merasa tertekan kehidupannya.

HADIPRO yang ke-663 kalinya. Menampilkan  tema "Membangun Bersama Rakyat untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, Mewujudkan Kota Probolinggo Hebat dan Handal".  Umum Budiono Wirawan, Administrasi daerah, selaku ketua panitia penyelenggara menyampaikan dalam laporannya pada pembukaan; Festival Pandalungan dalam rangkaian memeriahkan HADIPRO ke-663, merupakan kolaborasi 3 unsur. "Rangkaian peringatan HADIPRO merupakan kegiatan pelayanan publik pemerintah, pentas seni dan budaya masyarakat, serta aktivitas sektor swasta atau UMKM," tegas Budiono Wirawan. Mendengar penjelasan tersebut, masyarakat merasa berbangga hati dan serentak menyambut dengan tepuk tangan secara meriah.

            Festival Pendalungan HADIPRO Tahun 2022 ini, digelar selama 10 hari, terhitung mulai  Jumat tanggal 2 September 2022 hingga Minggu tanggal 11 September 2022. Beberapa agenda pada perhelatan ini adalah penampilan seni pelajar, hiburan musik religi, festival kuliner, gelar produk UMKM, demonstrasi kebolehan atlet olahraga, pentas seni budaya pandalungan (Jawa, Madura, Arab dan Cina), seni hadrah, qasidah, diba' serta seni musik gambus Balasik. Tidak ketinggalan diakhir acara diumumkan undian dengan beragam hadiah salah satunya adalah sepeda motor.

Perlu diketahui, pawai budaya dalam rangka HADIPRO ke-663 ini diikuti oleh kurang lebih 70 peserta. Jumlah itu merupakan jumlah terbanyak, sejak diadakannya pawai budaya setiap kegiatan Hari Jadi Kota Probolinggo di tahun-tahun sebelumnya.

Suasana pawai budaya di Kota Probolinggo (Foto ist.)

Masyarakat Kota Probolinggo sangat antusias menyambut dengan meriah event HADIPRO di Stadion Bayuangga. Hal ini terbukti masih berduyun-duyunnya masyarakat yang datang menyaksikan gelar kesenian ditampilkan oleh sejumlah sekolah di wilayah Kota Probolinggo. Sabtu,(10/09/2022). Sabtu malam, masyarakat nampak berjubel dan begitu antusias mengumpulkan kupon undian HADIPRO yang akan diundi Minggu (11/9) pada penutupan Festival Pendalungan.



Kontribotur     : Yunis Gustiana Safitri
Editor              : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Ada apa: Hari Jadi Kota Probolinggo (HADIPRO)"