UNDIKSHA dan JSD FS UM Malang menggalang kerjasama MBKM dan Penelitian seni

Damariotimes. Kamis, 2 juni 2022 Universitas Pendidikan Ganesa UNDIKSHA salah satu perguruan tinggi yg mengembangkan pendidikan seni. Perkembangan pendidikan seni rupa di UNDIKSHA dipandang pesat, mengingat para dosen seni di UNDIKSHA ada alumni JSD FS UM pada saat  IKIP Malang, dan yang lain adalah alumni ISI Yogyakarta. 

Hasil penandatanganan MoU  antara UNDIKSA dan DSD FS UM (foto istri.)

            Pada saat saling menyampaikan sambutan dan presentasi pencapaian prestasi mahasiswa untuk mencapai indeks peringkatan perguruan tinggi. 

            Kedua departemen dari dua perguruan tinggi seni rupa ini  sepakat menanda tangani MoU kerjasama MBKM dan bidang penelitian seni. 

Galery seni Rupa UNDIKSA (foto istri.)

            Pada kegiatan tersebut juga dilakukan diskusi, topik yg menarik adalah pengembangan prodi DKV, dan juga implementasi potensi lokal. Secara khusus UNDIKSHA yg berada di Bali memiliki potensi lokal yg sangat tinggi. Ada matakuliah yg memiliki ciri lokal yaitu matakuliah Seni Prasi. Karena sumber materi perkuliahan sangat kaya di Bali. Seni Prasi yang dikembangkan adalah media dan teknik, serta isu didalamnya. 

            Dalam pengembangan prodi DKV di UNDIKSHA mengalami kendala SDM. Hal ini dikeluhkan oleh ketua program studi D3 DKV, Kuntari, M.Ds.

Diskusi program kerja UNDIKSA dan DSD FS UM (foto ist.)

            Selain dari pada itu pengembangan penelitian dan penerbitan ilmiah. Di UNDIKSHA masih melakukannya penelitian yg bersifat nasional. Kendala untuk mengembangkan peneliti untuk dana hibah internasional masih diganjal oleh publikasi Scopus. Tapi dosen dan mahasiswa di jurusan pendidikan seni rupa UNDIKSHA tetap mengawal jurnal yang siap untuk kerjasama. 

            Akhir pertemuan dilakukan penandatanganan MoU dan pertukaran cinderamata. Serta melihat galery seni rupa untuk menyimpan karya-karya mahasiswa dan dosen. 


Reporter : R. Hidajat
Editor     : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "UNDIKSHA dan JSD FS UM Malang menggalang kerjasama MBKM dan Penelitian seni"