Rapat Out Door Dosen Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan (PSTM) JSD FS Universitas Negeri Malang di Dempok Mahoni

DAMARIOTIMES - Malang, 11-1-2022. Memasuki tahun 2022, Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik (PSTM) mengadakan evaluasi kinerja tahun 2021. Evaluasi yang diagendakan sebagai topik diskusi santai yang dilakukan secara out door di Dempok Mahoni. Pertama: mengantisipasi formasi staf pengajar yang memasuki masa purna tugas, hal ini diperlukan Langkah-langkah strategis untuk menyiapkan penguatan kelembagaan. Mengingat rekrutmen staf pengajar tidak mudah, karena membutuhkan waktu. Sungguhpun pada akhir-akhir ini rekrutmen dosen minimal magister. Namun hal tersebut tidak sangat membantu, karena proses peningkatan jenjang karier kepangkatan juga membutuhkan waktu yang tidak singkat. Kedua: keterkaitan UM telah menjadi PTMBH, maka rekrutmen mahasiswa tentunya didorong untuk semakin meningkat segi kuantitas dan kualitas. Hal ini tentunya akan melibatkan kemampuan promosi dan publikasi, membranding kembali program studi lebih bercitra sebagai lembaga yang progresif dan akomodatif terhadap tuntutan stakeholder. Karena kesiapan untuk mengabdi kurikulum yang apatif terhadap perkembangan industri 4.0. ketiga: persiapan akreditasi AQAS (Akreditasi Internasional) yang akan diselenggarakan visitasinya di awal bulan Februari 2022. Hal ini merupakan Langkah progresif, namun beban berat dari kualitas program studi yang telah terakreditasi internasional.

Foto Bersama Dosen PSTM JSD FS UM (Foto Ist.)

            Dr. Wida Rahayuningtyas, M.Pd. juga mengapresiasi bagi para dosen yang memasuki purna tugas, dan juga berharap dapat dan bersedia memberikan dukungan terhadap perkembangan PSTM dimasa yang akan datang. Mengingat PSTM telah berlangsung kurang lebih 13 tahun, para alumni yang telah mendapatkan ilmu pengetahuan dari para dosen senior juga telah memberikan manfaat yang besar. Data yang dievaluasi berdasarkan survey sederhana, bahwa alumni PSTM pada umumnya telah menempati bidang-bidang profesi utama, yaitu sebagai guru, dan selebihnya mereka sebagai wirausaha dibidang seni pertunjukan.

Rapat out door ini sangat efektif dan potensial, karena situasi yang informal dapat menggali masukan yang potensial. Bahkan juga menjadi kesempatan untuk saling merekatkan hubungan sosial antara dosen lebih efektif.

Ramah tamah secara santai (Foto Ist.)

Penutupan rapat kali ini diakhir dengan ramah tamah, menyantap ikan-ikan air tawar, sambel dan sayur, serta minuman hangat. Mengingat di Dempok Mahoni ini udaranya sangat sejuk, dan merangsang selera santap bersama.

 

Reporter          : Harda Gumelar
Editor              : Muhammad ‘Afaff Hasyimy

Posting Komentar untuk "Rapat Out Door Dosen Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan (PSTM) JSD FS Universitas Negeri Malang di Dempok Mahoni"