Peran Dukungan Orang Tua untuk Perkembangan Bakat Berkesenian

DAMARIOTIMES - Seni adalah sebuah keahlian atau ketrampilan yang dimiliki oleh seseorang. Bakat berkesenian dapat dilihat ketika seseorang melakukan sesuatu hal atau tugas kemudian ia dapat menjalankannya dengan baik. Seperti kisah penari bernama Putri Tri Wulandann. Dia  memiliki bakat dalam bidang seni. Sebelum membahas perjalanan dan prestasinya, kita kenalan dulu yuk!. Mungkin kisah ini dapat menjadi inspirasi bagi para remaja yang sedang tumbuh dan mengembangkan diri.

Penampilan pada sebuah Lomba Tari (Foto Ist.)

Putri Tri Wulandanni lahir pada tanggal 21 November 2001 di kota Lumajang. Ia bertempat tinggal di Jalan dahlia, Rt 07 Rw 01 Dusun Gaplek Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Anak ke-3 dari 3 bersaudara, mereka dilahirkan dan dibesarkan orang tuanya bernama Gatot Eko Mujiono dan Siti Badriyah.

Orang tua Putri merupakan pendukung utama dalam mengembangkan bakat dan minatnya. Bakat seni yang dimiliki Putri tersebut mulai muncul dan diketahui sejak ia masih duduk di Taman Kanak-Kanak. Pada saat itu ia ditunjuk untuk tampil dalam acara pelepasan siswa di TK. Melihat keahlian putrinya, orang tua Putri berinisiatif untuk memasukkan anaknya dalam ke sanggar tari bernama Sekar Arum.  Harapannya,  bakat putrinya akan terus berkembang.

Prestasi yang didukung orang tua (foto Ist.)
            Perkembangan bakat Putri seiring bertambahnya usia. Penghargaan demi penghargaan dapatkan sewaktu mengikuti sanggar tari Sekar Arum. Setiap tahun sanggar tari Sekar Arum mengadakan sebuah ujian tari bersama gabungan sanggar-sanggar di Lumajang yang lain, dari situlah perkembangan bakat penulis semakin terlihat apalagi ketika mendapatkan juara umum sanggar tersebut. Putri mendapatkan penghargaan yang  disebut The Best Dancer.

Hal-hal serta pengalaman baru juga muncul ketika Putri menginjak bangku SMP, yaitu ketika mengikuti extra kulikuler tari. Kemudian Putri juga ikut dalam beberapa acara tari seperti lomba, karnaval serta festival tari. 

Putri ketika masih duduk di Taman Kanak-Kanak (Foto Ist.)
        Ketika sang Putri memasuki bangku SMA, ia juga menjadi The Best Dancer sanggar tari Arkadance tahun 2020. Banyak sekali pengalaman-pengalaman yang ada di sana, Putri sering diikutkan event serta lomba lomba tari dari berbagai kegiatan kecil hingga besar, dimulai acara FLS2N, Lomba Remo yang yang diadakan oleh tentara, hingga lomba-lomba yang ada di daerah lumajang.

Nah pada saat itulah Putri berkeinginan menjadi seorang guru seni tari di sebuah sekolah agar dapat menyalurkan bakat dan pengetahuannya ke anak didiknya kelak.

Keinginan yang kuat dalam diri Putri untuk menjadi guru tari semakin besar ketika ia akan lulus SMA. Apalagi dukungan dari orang tua yang cukup besar agar menjadi seorang guru seni tari.  Maka daripada  itu, Putri melanjutkan sekolahnya ke Universitas Negeri Malang dengan memilih program studi Pendidikan Seni Tari dan Musik.

Disana kemampuannya semakin di asah, bukan hanya dari praktek tari saja disana juga di ajarkan berbagai macam pengetahuan tentang seni tari dan dididik menjadi seorang guru yang baik, trampil, dan kreatif. 

 

Kontributor     : Putri Tri Wulandanni
Editor              : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Peran Dukungan Orang Tua untuk Perkembangan Bakat Berkesenian"