Warung Kopi Bu Mintul Pelanggannya Banyak, Apa Rahasianya ?

 

Tempat Bu Mintul membuka usaha (Foto Ist.)

            DAMARIOTIMES - Kedai kopi tradisional merupakan tempat yang biasa dikunjungi oleh masyarakat beraneka ragam latar belakang, bahkan masih populer hingga saat ini. Di beberapa daerah, kedai kopi tradisional tetap eksis, sungguhpun  zaman sudah berkembang. Banyak orang memilih untuk pergi ke caffe.

Namun kedai kopi pada saat ini yang banyak dikujungi adalah kedai kopi mempunyai tujuan bervariasi, seperti berkumpul, mengobrol santai, diskusi, saling berbagi informasi, dan bahkan biasa dijadikan markas anak - anak muda untuk tempat kumpul bermain game online.

Kedai kopi tradisional cukup sulit untuk mempunyai pelanggan banyak,  karena memiliki pesaing yang bermunculan. Bahkan kedai kopi tradisional dianggap kurangnya inovasi, dan keterbatasan - keterbatasan lain. Dengan begitu tidak banyak kedai kopi yang bisa bertahan lama.

Tetapi ada juga kedai kopi bisa bertahan dan pelanggannya banyak, apa rahasiannya?. Salah satunya adalah kedai kopi milik oleh Bu Mintul. Kedai kopi tradisional itu mampu bertahan hingga lebih dari empat puluh tahun, yaitu kedai kopi yang bernama ‘Warung Kopi Mintul’ yang terkenal dengan kopi sari jagung dan kopi sari beras. Kedai kopi tersebut terletak di Desa Tembalang, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar.

Kopi sari jagung dan susu murni (Foto Ist.)
             Warung Kopi Mintul adalah kedai kopi yang berdiri sejak tahun 1980 oleh orang tuanya. Kedai ini awalnya hanya warung kopi sederhana, baik tempat atau menu minumannya. Namun pada awal buka usaha tersebut, tempat usahanya ramai, karena tempatnya strategis. Di pinggir jalan besar, dan halaman parkirnya luas.

Pada tahun 2001, resmi kedai kopi milik orang tua Bu Mintul resmi dilanjutkan anaknya. Hingga sekarang Warung Kopi Mintul masih populer. namun varian barang dagangnya masih sedikit karena masih terkendala modal terbatas. Setidaknya lumayan untuk mencukupi kebutuhan sehari – hari.

Tujuan dari kedai kopi ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat untuk nongkrong yang dikala awal buka dulu sangat jarang sekali jenis usaha yang serupa di daerah Tembalang. Dengan berjalannya waktu, kedai tersebut mulai berkembang dengan membuat strategi dan mencari peluang hingga sampai menjadi kedai kini menjadi populer dan terus merebak hingga mempunyai pelanggan dengan cakupan luas. Umumnya pelanggan yang datang dari kalangan pelajar, mahasiswa, pekerja, sampai orang tua atau pensiunan.

            Warung Kopi Mintul bisa bertahan puluhan tahun tentunya mempunyai alasan tertentu. Pemilik kedai tersebut menuturkan bahwa kedainya bisa bertahan lama karena mempunyai beberapa strategi jitu untuk bisa bersaing dan mempunyai keunggulan dari kompetitor lain. Yaitu diantaranya : (1) Menentukan konsep usaha. Menentukan konsep usaha sangatlah penting karena menjadi dasar dari model usaha yang dijalankan agar tujuan dan rancangan usaha lebih terarah, (2) Menentukan lokasi tempat usaha kedai kopi. Memilih lokasi usaha strategis merupakan salah satu yang mempengaruhi keberhasilan dalam berjualan. Pemilihan lokasi juga harus sesuai dengan konsep usaha, (3) Memperhitungkan modal usaha yang dipunyai dan yang dibutuhkan. (4) Memilih bahan – bahan yang berkualitas, (5) Diusahakan untuk memberikan menu yang bervariatif dan unik, (6) Membuat strategi promosi yang cocok dengan jenis usahanya, dan (7) Memberikan pelayanan ke pelanggan yang baik.

Bu Mintul menjelaskan, pada saat ini peran internet sangat penting, karena internet dapat dimanfaatkan oleh para pelanggangnnya untuk mengaksis sosial media. Sehingga  pelanggangnnya dapat betah berlama-lama. Daya tarik ini yang membuat kedai Bu Mintul bisa berkembang dan populer hingga kini.

 

Kontributor     : Rendra Yudhistira
Editor              : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Warung Kopi Bu Mintul Pelanggannya Banyak, Apa Rahasianya ?"