PSTM JSD FS UM menggelar BALAKOSA: koreografi Virtual dalam Seni Pertunjukan XII 2021

Poster Pagelaran virtual Balakosa (Foto Ist.)
            DAMARIOTIMES - Kekuatan dalam Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik (PSTM) Jurusan Seni dan Desain (JSD) Fakultas Sastra Universitas Negeri adalah: seni  pertunjukan, kreatifitas, karya, usaha, serta kekuatan dari pelaku seninya (Dosen Maupun mahasiswa).

Kekuatan dan kekayaan ini ditujukan kepada para Penyaji Seni Pertunjukan dan proses Management Produksinya, dimana Manegement Produksi (Menpro) Sebagai Kekuatan dan Repertoaris adalah Kekayaannya. Keduanya saling terikat dan saling mendukung. Sehingga penggabungan dari kedua unsur tersebut dapat di artikan dalam bahasa sansekerta menjadi “BALAKOSA”.

Setelah Pendemi Covid-19 melandai di akhir tahun 2021, PSTM menggelar kembali seni Pertunjukan yang ke-XII Pergelaran ini dilaksanakan setiap tahun dalam rangka ujian skill sebagai pengelola seni pertunjukan (creatifpreneurship) dan koreografi. Keduanya menjadi potensi yang secara potensial dikembangkan agar mahasiswa PSTM mampu mengatasi tantangan dunia seni pertunjukan. Mengingat bidang pengelolaan seni pertunjukan dan koreografi seni wisata masih membutuhkan pengembangan secara intensif.

Pergelaran yang dilaksanakan merupakan kolaborasi antara dua mata kuliah yaitu:  Manajement Pergelaran Produksi Seni Pertunjukan  diampu oleh.  Dra. Endang Wara Suprihatin Dyah Pratamawati, M.Pd, dan Hartono, S.Sn.,M.Sn serta Penyajian Seni Pertunjukan diampu oleh Drs. Soerjo Wido Minarto, M.Pd dan Dra. Ninik Harini, M.Sn.

Pergelaran koreografi ditampilkan stell etnik yang terdiri stell Jawa Tengah berjudul Mahesasura Mardini, stell  Jawa Timur berjudul: Purwa Angkara, stell  Jawa Barat berjudul Ibu Kita Ibu Bumi, dan stell Bali berjudul Satya Semaya.

Salah satu kelompok penyaji (Foto Ist.)
             Pengampu mata kuliah   Dra. Endang Wara Suprihatin Dyah Pratamawati, M.Pd dan Hartono, S.Sn.,M.Sn. menyatakan merasa puas atas kerja mhasa angkatan 2019 sebagai Event Organizer (EO). Sungguhpun dengan fasilitas yang jauh dari sempurna, mereka mampu menggunakan kondisi dan situasi yang terbatas ini dengan sangat kreatif. Sementara pengampu matakuliah Penyajian Seni                         Pertunjukan Drs. Soerjo Wido Minarto, M.Pd dan Dra. Ninik Harini, M.Sn. mengaku, bahwa proses yang dilakukan oleh 4 kelompok repertoaris memang belum memadahi, hal ini disebabkan oleh faktor eksternal, termasuk keterbatasan latihan dimasa pendemi dan mereka juga menempuh program AM (Asistensi Mengajar) MBKM selama 1 semester di sekolah mitra.  Namun kekurangan tersebut memang menjadi awal yang bagus, karena mereka benar-benar menyadari kondisi yang tidak memungkinkan untuk berbuat secara maksimal. Namun tidak terduga, bahwa pengambilan gambar pada tanggal 14 Desember 2021 di Gedung Skodam Malang berjalan lancar dan berhasil memukau para semua pekerja seni yang terlibat. Tentunya anda juga ingin menyaksikan pergelaran yang diproduksi oleh D’Semut Organizer PSTM UM.

D’SEMUT Organizer 2019 (Foto Ist.)
             Pergelaran koreografi tersebut akan ditampilkan secara virtual pada Jumaat, tanggal 17 Desember 2021, pukul 19.00 WIB  melalui Youtube Channel :D’Semut Organizer

 

 

Reporter              : Harda Gumelar
Editor                  : Muhammad ‘Affaf Hasiymy

Posting Komentar untuk "PSTM JSD FS UM menggelar BALAKOSA: koreografi Virtual dalam Seni Pertunjukan XII 2021"