Manfaat Olahraga dan Kesehatan

Oleh raga bersepeda dapat menyegarkan tubuh dan jiwa (foto ist.)

                DAMARIOTIMES - Olahraga dan Kesehatan, sesuatu yang selalu dianjurkan oleh dokter atau tenaga medis. Karena tubuh yang diaktifkan secara sistematis, teratur, dan tepat akan berdampak positif terhadap Kesehatan jasmani atau mental seseorang.

                Oleh karena itu pemerintah Republik Indonesia pernah mencanangkan slogan ‘mengolahragakan masyarakat, memasyarakatkan olahraga. Hal ini tentunya sejalan dengan paham ‘dalam tubuh yang sehat terkondisikan jiwa yang sehat.’ 

                Tubuh diibaratkan sebagai suatu alat mekanik, jika tubuh dibiarkan; duduk, tidur, atau tidak diaktifkan untuk mengaktifkan otot-otot dan alat gerak persendiannya. Maka sudah barang tentu akan mengalami pengerasan, kaku-kaku, dan tidak mampu untuk melakukan aktivitas mekanik. Oleh karena itu secara bertahap akan mengalami gangguan diberbagai persendian, otot-otot, dan juga tulang-tulang. Karena semua yang ada didalam tubuh akan bekerja tidak seirama. Dengan demikian, olahraga yang murah dan sangat sederhana adalah jalan. Tapi jika ada yang ingin olah raga dan rekreasi juga dapat dilakukan oleh raga bersepeda. Dengan berjalan atau bersepeda, organ tubuh dan alat persendian serta otot akan aktif. Sehingga irama tubuh akan terbentuk, terkondisikan dengan sistemik, teratur, dan tepat dalam mengkondisikan stabilitas tubuh.

                Pada waktu berolahraga, ternyata tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, tapi juga mentalitas, dan juga sosial. Dengan demikian akan mempengaruhi jiwa seseorang. Jika kondisi mentalitas menjadi stabil, dan terkondisikan dengan baik, sudah barang tentu menjaga terhadap dampak stres, kegelisahan, dan kekawatiran.

                Olahraga dapat membuat metabolisme tubuh menjadi teratur, makan, minum, dan buang air beser kecil. Bahkan juga jika diimbangi dengan tidur yang cukup dan teratur. Sehingga tubuh yang diolahragakan dan pola hidup sehat akan berdampak pada kondisi tubuh.


Penulis ​​  : Harda Gumelar
Editor ​​    : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Manfaat Olahraga dan Kesehatan"