Tim Pengabdian Universitas Negeri Malang Rancang Media Pembelajaran Seni Tari Online untuk Sanggar Senaputra Malang

 

Dr. Roby Hidajat, M.Sn. Secara simbolik menyerahkan kartu media pembelajaran online (Foto ist.)

DAMARIOTIMES - Pelaksanaan pengabdian masyarakat dosen Seni dan Desain Fak Sastra Universias Negeri Malang  mengembangkan mengembangkan media pembelajaran online bagi Sanggar Seni Tari Senaputra Malang. Sanggar yang berdiri sejak tahun 1983, memiliki potensi dalam mengembangkan minat dan bakat siswa di Malang.

Karena kondisi pendemi COVID-19 yang melanda Indoneisa yang telah berlangsung kurang lebih dua tahun ini. Sudah barang tentu hal tersebut akan merugikan secara ekonomi dan kreativitas para pelatih seni tari (karena tidak mengajar), serta merugikan siswa untuk mengembangkan kesempatan emasnya dalam mengembangkan bakat (karena tidak belajar).

Ketua Peksana Dr. Robby Hidajat, M.Sn. pengabdian masyarakat LP2M UM telah melaksanakan kerja sejak bulan Maret 2021. Pelaksanaan kegiatan yang didukung oleh Dra. EW. Suprihatin, M.Pd., dan Ika Wahyu Widiawati, M.Pd.

Pada tanggal 10 Oktober 2021 dilangsungkan penyerahan media pembelajaran hasil Bimbingan dan Pelatihan Media Daring Tari Khas Malang Berbasis Topeng Sebagai Solusi Pembelajaran Masa Pendemi CIVID-19 Bagi Anggota Sanggar Tari Senaputra Malang

Koordinartor pelatih, Siti Sofiana, S.Pd. yang menjadi salah satu narasumber  menyampaikan latar belakang Sanggar Tari Senaputra Malang dan mengemukakan sistem keorganisasian sanggar Tari Senaputra merasa tertantang untuk meningkatkan sanggar senaputra yang selama ini masih dilaksanakan secara konvensiona. Bahkan mengakui membutuhkan pengembangan sanggar yang lebih professional.


Siti Sofiana, S.Pd. koordinator pelatih Sanggar Tari Senaputra didampingi Dr. Robby Hidajat, M.Sn. menerima media Pembelajaran Online (Foto Ist.)

 

Robby Hidajat menjelaskan, program pembelajaran online untuk sanggar tari di Malang hingga saat ini  belum ada. Apabila dari pihak Sanggar Tari Senaputra Malang memang benar-benar dapat mengembangkan setelah pelatihan ini usai. Maka bukan tidak mungkin, akan dapat membantu para pembelajar seni tari yang rumahnya jauh dari sanggar dapat turut serta belajar. Sementara jika masa pendemi ini masih belum memungkinkan untuk dapat tatap muka atau memberlakukan dengan kuwota pembelajaran 50%, sebagian siswa masih dapat mengikuti latihan.

            Muhammad Affaf Hasimy dan Harda Gumelar staf teknik media pada kegiatan tersebut memperagakan sistem oprasional media online, dan mempersilahkan para pelatih untuk mencoba, bahkan sebagai pembenahan status para pelatih, tim pengabdian juga menyerahkan desain tanda anggota yang selama ini masih belum dianggap penting. Karena komunitas yang professional dan juga sebagai bukti identitas agar para pengguna media online juga semakin meyakini.


Tim Teknis Media Online menjelaskan sistem oprasional media pembelajaran seni tari (Foto Ist.)

            Media pembelajaran seni tari online untuk Sanggar Tari Senaputra Malang dapat diakses oleh pelatih dan juga siswa dari jarak yang jauh. Bahkan dapat memantau keaktifan (presesnsi) dan juga ujian dengan cara mengunggah video tarian hasil pembelajaran yang sesuai dengan jenjang kelas yang dipilihnya.

            Robby Hidajat berserta tim memberikan penegasan, bahwa sistem pembelajaran online bagi Sanggar Tari Senaputra malang memang masih besifat perintisan. Jika pihak Sanggar Tari Senaputra Malang secara potensial dan antusias mengemangkan sistem pembelajaran online ini. Sudah barang tentu di tahun-tahun berikutnya dapat diusulkan kembali  peningkatan program dan dukungan perangkat pembelajaran yang lain, misalnya buku seni tari digital.



Reporter          : Muhammad Sirojul Munir
Editor              : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Tim Pengabdian Universitas Negeri Malang Rancang Media Pembelajaran Seni Tari Online untuk Sanggar Senaputra Malang"