Mengenal Bubur Roomo Kuliner Khas Gresik Yang Mulai Langka

DAMARIOTIMES - Setiap daerah pasti memiliki kuliner khasnya, dengan rasa yang unik dan berbeda-beda. Sama seperti di Kabupaten Gresik, yang memiliki berbagai kuliner khas dengan rasa yang ngangenin.


Porsi ‘Bubur Roomo’ nikmat (foto: Rani)


Tahukah anda,  ‘Bubur Roomo’ salah satu kuliner khas Gresik yang hanya bisa ditemukan di daerah Gresik kota. Kuliner ini berasal dari Desa Roomo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik.

Pada mulanya kuliner ini hanya dapat ditemukan di desa roomo, sebagai makanan khas desa tersebut. Kemudian ada seorang warga desa yang menjual bubur roomo keluar desa, ternyata banyak orang yang menyukai.

Meskipun bubur roomo ini banyak peminatnya, pendagang bubur roomo hanya bisa dijumpai di sekitaran desa Roomo dan di Gresik kota. Karena lokasi desa Roomo dan Gresik kota bersebelahan. Hanya saja disayangkan, pedagang bubur roomo sudah mulai jarang ditemukan. Jadi kalau mau membeli bubur roomo, tentunya harus rela antri dengan penggemar bubur room lainnya.

Sebenarnya di Gresik ada beberapa yang menyebut bubur roomo ini sego (nasi) roomo atau ada juga yang menyebut lontong roomo. Karena untuk memakan bubur roomo ada dua pilihan, yaitu dengan lontong atau dengan nasi. Semua tergantung selera, mau pakai nasi atau lontong.

Cara pembuatan bubur roomo cukup mudah, langkah pertama buat bubur dengan bahan bumbu merah dan ebi diblender. Kemudian dimasak dengan air, santan, dan tepung beras, masak dengan api kecil hingga meletup-letup.

Siapkan irisan lontong atau nasi dan sayur. Dahulu bubur roomo disertakan sayur yang  menggunakan daun api-api. Akan tapi pada saat ini daun api-api sudah jarang ditemukan, maka di ganti dengan jenis daun singkong.  

Siram lontong dan sayur dengan bubur yang dimasak tadi, kemudian beri koya serundeng (dari kelapa) dan sambal.

Nah tadi sudah tahu kan, bubur rooma dan  bahan serta cara pembuatan lontong roomo?. Dari bahan-bahan tersebut, jelas sekali bahwa bubur roomo memiliki rasa gurih dan sedikit pedas. Rasa gurih yang tercipta dari ebi, yang membuat rasa bubur roomo menjadi enak dan khas.

Pedagang bubur roomo dapat dijumpai pada pagi hari, karena makanan ini sangat cocok untuk makan pagi atau sarapan. Apakah anda ingin mencoba, jangan lewatkan jika berkunjung ke kota Gresik.

 

Reporter          : Ratna Tri Maharani
Editor              : Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Mengenal Bubur Roomo Kuliner Khas Gresik Yang Mulai Langka"