Bedah Buku Kampung Budaya Polowijen Dalam Rangka Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Dr. Robby Hidajat, M.Sn sedang membedah Buku ‘Kampung Budaya Polowijen’ (Foto: Ist)

​DAMARIOTIMES - Dengan protokol Kesehatan ketat, Penutupan Pelatihan dan Pendampingan Pengelolaan Koleksi Budaya Pada Perpustakaan Kampung Budaya Polowijen (KBP) guna meningkatkan Literasi Masyarakat sekitar dilaksanakan pada hari Minggu, Tanggal 3 Oktober 2021. Kegiatan ini berlangsung di Pendopo KBP yang dimulai pukul 13.00-15.00 WIB. Pelaksana kegiatan tersebut adalah Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang dengan dana PNBP UM.

            Pada penutupan pengabdian Masyarakat tersebut digelar bedah Buku berjudul: Kampung Budaya Polowijen: Pengembangan Kampung Tematik Berwawasan Budaya dan Industri Kreatif di Kota Malang karya Dr. Robby Hidajat, M.Sn.

            ​Buku yang berisi 10 artikel dengan berbagai sudut pandang dalam mengembangkan Kampung Budaya Polowijen untuk meningkatkan eksistensinya sebagai kampung wisata urban di Kota Malang. Buku setebal 171 halaman itu merupakan salah satu hasil kerjasama antara Program Studi Magister Keguruan Seni Rupa JSD FS UM dengan Kampung Budaya Polowijen tahun 2020.

 

Dr. Robby Hidajat, M.Sn. membagikan buku pada para penanya (Foto: Ist)


            Dr. Robby Hidajat, M.Sn. Koordinator Program Studi Magister Keguruan Seni Rupa Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang menjelaskan, bahwa buku ini diharapkan sebagai upaya untuk mendorong terciptanya suatu iklim literasi kampung tematik, karena buku ini hingga saat ini menjadi satu-satunya buku yang dapat dihasilkan oleh kampung tematik di Kota Malang. Sudah barang tentu, dikemudian hari dimungkinkan dapat menjadi program pemerintah kota, melalui dinas terkait untuk mengalakkan penulisan buku kampung tematik.

            Panitia penyelenggara kegiatan yang terdiri dari ketua Diah Ayu Meiliniasari, dan anggota yang terdiri dari Alina Ni'mah, Mar'atus Sholeha, dan Satria Fikri Hidayatullah mendukung, bahwa kedepannya dimungkinkan warga KBP juga mampu mengekspresikan pengalaman dan pengetahuannya dalam bentuk buku. Karena pada pelatihan pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakan mulai bulan Juni 2021. Dipandang cukup untuk memberikan pemahaman, bahwa literasi itu merupakan proses pembelajaran yang paling efektif.

            Ketua KBP yang baru, yaitu Arsanto Rahardjo S.E, A.k, C.A, BKP merasa puas, dan mengharap kegiatan tetap akan dapat dilanjutkan, sungguhpun pada saat ini telah dilangsungkan penutupan. Karena warga KBP masih membutuhkan banyak motivasi, dukungan, dan pendampingan agar masyarakatnya lebih mendapatkan manfaat yang besar.

            Dr. Robby Hidajat, M.Sn. juga sangat mendukung, bahkan pada akhir diskusi diberikan buku pada para penanya. Karena pertanyaan yang dikemukakan memang mencerminkan rasa ingin tahu yang besar, bahkan juga ingin memotivasi dirinya dan warga KBP menjadi lebih maju.

​Mahasiswa yang melaksanakan pengabdian masyarakat di KBP yang mendapatkan bimbingan dari Safii, S.Kom, M.Hum merasa puas. Bahwa kegiatan penutupan ini benar-benar sesuai dengan harapan, karena KBP telah memiliki modal, potensi, dan motivasi yang besar untuk menunjukan kemampuannya berliterasi. Karena selama ini telah dilakukan pembimbingan yang mampu menampilkan poster-poster dengan tema yang berganti-ganti setiap bulan. Bahkan juga telah dirancang literasi digital untuk mendorong berbagai ide-ide dari warga KBP.


Reporer ​: Harda Gumelar
Editor ​​: Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Bedah Buku Kampung Budaya Polowijen Dalam Rangka Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Universitas Negeri Malang"