Ekstrakulikuler Tari Srikandi Budoyo MAN 4 Banyuwangi

 

DAMARIOTIMES - Ektrakulikuler tari Srikandi Budoyo MAN 4 Banyuwangi. Ekstrakulikuler tersebut dibimbing oleh Ibu Bastian Renita selaku guru seni budaya di MAN 4 Banyuwangi. Ekstrakulikuler tari merupakan salah satu ekstrakulikuler yang ada di MAN 4 Banyuwangi. Terdapat banyak anggota yang ikut bergabung dari kelas X  hingga kelas XII MAN 4 Banyuwangi. Ekstrakulikuler tari Srikandi Budoyo tidak hanya beranggotakan perempuan saja melainkan ada penari laki-laki yang ikut bergabung.




            Kegiatan anggota ekstrakulikuler tari Srikandi Budoyo adalah melakukan latihan setiap hari rabu dan jumat di halaman sekolah. Latihan diawali dengan pemanasan bagian kepala, tangan sampai kaki. Dalam pemanasan tersebut dilanjutkan dengan olah tubuh. Terdapat pelatih yang memimpin kegiatan olah tubuh tersebut dan seluruh anggota ekstrakulikuler mengikuti gerakan yang dicontohkan. Untuk kegiatan selanjutnya adalah penyampaian materi gerak tari yang dibentuk menjadi beberapa kelompok hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam penyampaian ataupun pemahaman anggota ekstrakulikuler tari.

            Ekstrakulikuler tari Srikandi Budoyo menjadi salah satu ekstrakulikuler yang sering ikut berpartisipasi dalam acara sekolah maupun di luar sekolah. Untuk kegiatan sekolah ekstrakulikuler tari sering tampil dalam acara diesnatalis, demo ekstra, wisuda dan karnaval. Sedangkan diluar sekolah ekstrakulikuler tari sering mengikuti beberapa festival yang diadakan di Kabupaten Banyuwangi seperti, festival gandrung sewu, festival kuwung, ataupun perlombaan tari di Kabupaten Banyuwangi. Selain itu ekstrakulikuler tari juga sering mengadakan latihan bersama dengan ekstrakulikuler tari dari beberapa sekolah di Banyuwangi. Hal ini dilakukan untuk menambah pengalaman dan rasa percaya diri dari anggota ekstrakulikuler tari Srikandi Budoyo MAN 4 Banyuwangi.

            Ekstrakulikuler tari Srikandi Budoyo MAN 4 Banyuwangi memiliki kostum tari yang dapat digunakan saat pementasan, salah satunya adalah kostum tari Gandrung. Selain itu ekstrakulikuler tari juga memiliki beberapa perlengkapan make up dan alat musik seperti gamelan Banyuwangi. Dalam pementasan tari di dalam sekolah penari dari ekstrakulikuler tari di iringi oleh gamelan Banyuwangi yang dimainkan oleh beberapa anggota dari ekstrakulikuler musik di MAN 4 Banyuwangi. Hal ini dapat mempererat hubungan antar ekstrakulikuler di MAN 4 Banyuwangi.

 

Repoter            : Vayza Putri Mallaranggi
Editor              : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

 

Posting Komentar untuk "Ekstrakulikuler Tari Srikandi Budoyo MAN 4 Banyuwangi"