Asal-Usul Terciptanya Permainan Sepak Bola

DAMARIOTIMES - Sepak bola merupakan salah cabang olahraga yang digemari oleh banyak orang. Permainan sepak bola merupakan permainan yang sudah dimainkan di seluruh dunia. Sepak bola dapat dimainkan oleh siapa saja dan kapan saja. Sepak bola dapat dimainkan oleh 11 orang, semua pemain tidak boleh memegang bola dengan tangan kecuali kipper.


Gambar: Pxhere


Taukah kamu, dibalik populernya permainan sepak bola saat ini. Ternyata permainan sepak bola sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, yaitu dimulai sekitar 3000 tahun yang lalu dan sudah dimainkan dipenjuru dunia dalam bentuk yang berbeda beda. Permainan sepakbola pertama kali dikenal pada 255-206 SM dimainkan di China pada zaman Chun Qiu Zhan Guo. Pada saat itu, sepak bola disebut dengan sebutan Tsu chu. Awalnya Tsu chu digunakan untuk sarana melatih prajurit.

Selama waktu berjalan, Tsu chu tersebar ke seluruh China dan tidak dimainkan oleh keluarga kerajaan saja tetapi juga rakyat Cina. Jumlah pemain Tsu chu berjumlah enam orang, bola terbuat dari kulit binatang yang berisikan rambut dan dimasukkan kedalam jarring berdiameter 30 cm dan setinggi 10,5 meter. Aturan permainan Tsu chu sangatlah sederhana, Bola tidak boleh dipegang oleh tangan dan pemenang ditentukan dari tim yang berhasil memasukan bola kedalam lubang jarring.

Selain Cina, Yunani juga sudah mengenal sepak bola sejak 800 SM. Saat itu permainan sepak bola disebut dengan seputan Episkyro yang dimana bertujuan untuk melatih fisik para prajurit kerajaan.

Pada abad ke-19, lahirlah sepak bola modern di Inggris. Sebelumnya sepak bola sudah mulai dikenal masyarakat pada abad ke-8. Raja Edward II saat itu sempat melarang sepak bola di Inggris pada 1314, dikarenakan bola yang dimainkan terbuat dari tengkorak manusia.

Permainan terus dilanjutkan hingga berdirinya Federation Internationale de Football Association (FIFA) pada 1904 yang didirikan oleh Denmark, Prancis, Belgia, Spanyol, Belanda, dan Swiss. Dan kejuaraan dunia sepak bole diadakan pertama kali di Uruguay pada 1958. Dan permainan sepak bola akhirnya terus berlanjut hingga kini dan popular di seluruh dunia.



Editor: Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Asal-Usul Terciptanya Permainan Sepak Bola"