Musik Dan Suara Dapat Mempengaruhi Emosi Perasaan Manusia

DAMARIOTIMES - Musik adalah suatu bentuk hiburan yang telah mendarah-daging dengan kehidupan sehari - hari manusia di era moderen ini. Berbagai genre atau aliran dari musik sudah dikembangkan bahkan sejak awal kebudayaan manusia itu sendiri tercatat dalam sejarah. Begitu melekatnya kehidupan dan peradaban manusia dengan musik ini ternyata bukanlah sekedar kebetulan. Terdapat suatu rahasia dibalik hubungan antara manusia dan musik atau bunyi, namun apakah itu?




Pada tahun 2004 Masaru Emoto meluncurkan sebuah buku yang sangat luar biasa. Buku itu berjudul The Hidden Messages in Water, yang secara harafiah berarti Pesan Rahasia Di Dalam Air. Begitu luar biasanya buku tersebut hingga hanya perlu waktu satu tahun setelah peluncurannya, buku ini mendapatkan penghargaan New York Times Bestseller pada tahun 2005. Apa sebenarnya yang dibahas dalam buku ini? Secara sederhana buku ini mengupas tentang sebuah experiment atau percobaan yang dilakukan oleh Masaru Emoto sendiri terhadap hubungan antara bunyi dan air.

Percobaan yang Masaru Emoto lakukan sebenarnya cukup sederhana. Dia menyiapkan beberapa wadah berisi air dan memberikan label berbeda pada setiap wadah berisi air tadi, sebut saja wadah air Pertama dan wadah air Kedua, pada air di dalam wadah Pertama dia mungucapkan kata - kata positif setiap hari. Sementara pada wadah air Kedua setiap hari juga dia mengucapkan hal yang sebaliknya yaitu kata - kata negatif. Setelah beberapa minggu Masaru Emoto membekukan air pada kedua wadah yang diberi perlakuan berbeda tersebut dan kemudian memeriksa kristal bunga es dari air tadi dengan mikroskop. Dan dia menemukan sesuatu yang sangat mengejutkan! Pada air yang diberi kata - kata positif setiap hari, kristal bunga es yang tercipta menjadi sangat indah dan nampak jelas. Sementara itu ketika dia mengamati kristal bunga es dari air yang diberi kata - kata negatif setiap hari, yang dia dapatkan justru hal yang sebaliknya. Kristal bunga es yang dihasilkan menjadi sangat tidak beraturan dan terkesan rusak serta menjadi terlihat buram. Apa yang terjadi?

Masaru Emoto kemudian menjelaskan bahwa setiap bunyi atau suara menghasilkan frekuensi atau getaran dan frekuensi tersebut ternyata sangat dipengaruhi oleh emosi atau perasaan manusia yang mengucapkan bunyi tersebut, tidak hanya berhenti di sana! Frekuensi dari bunyi yang sudah memuat emosi seseorang tersebut akan beresonansi dengan partikel air dan mempengaruhi bentuk ikatan partikel air itu sendiri. Bila emosi atau perasaan yang mendasari bunyi berupa kata - kata tersebut positif maka bunyi tadi akan beresonansi dengan partikel - partikel air tadi dan membentuk partikel air yang kuat, teratur dan indah. Namun bila emosi yang mendasari bunyi tersebut adalah negatif, maka hal sebaliknyalah yang akan terjadi.

Jika kita kembalikan pada pembahasan utama kita kali ini, maka sudah sangat jelas bahwa segala bunyi, suara dan juga musik yang Anda dengarkan dapat memberikan pengaruh pada tubuh dan pikiran Anda. Mungkin Anda akan bertanya, "Apa hubungannya?". Taukah Anda? Bahwa lebih dari 70% tubuh manusia tersusun atas air! Bayangkan bila setiap hari Anda mendengarkan lagu yang berisi emosi negatif seperti galau, patah hati, dan semacamnya. Apa yang akan terjadi pada 70% bagian tubuh Anda yang tersusun atas air tadi? Tentu tanpa saya jelaskan Anda sudah bisa membayangkan sendiri.

Karena itu jika Anda ingin merubah baik kondisi fisik maupun mental dari diri Anda sendiri. Hal yang paling sederhana dan paling efektif untuk melakukan hal tersebut adalah dengan merubah segala sesuatu yang sering Anda dengarkan, merubah sendiri Playlist Lagu Anda dengan lagu - lagu yang berisi muatan emosi positif. Baik itu berupa cinta, semangat, harapan dan lain sebagainya atau juga merubah cara Anda berbicara tentang diri Anda sendiri dengan kata - kata yang berisi emosi positif juga. Dengan melakukan hal ini maka Anda akan merubah susunan partikel air dalam diri Anda menjadi partikel air yang indah, teratur dan kuat. Dan kualitas hidup Anda akan menjadi jauh lebih sehat, baik secara fisik maupun mental psikologis Anda sendiri. Jika Anda tertarik untuk mengetahu lebih dalam, Anda dapat langsung mengunjungi link video yang saya siapkan. Saya doakan bermanfaat untuk Anda dan terima kasih.






Channel Youtube: Kornelius Ardi Irianto
Editor: Harda Gumelar

Posting Komentar untuk "Musik Dan Suara Dapat Mempengaruhi Emosi Perasaan Manusia "