Arif Rofiq: Koreografer Jawa Timur

             DAMARIOTIMES - Perkembangan koreografi di Jawa Timur mulai terasa meningkat di era tahun 1970-an. Bahkan puncak popularitas koreografi dari seniman Jawa Timur hingga tahun 1990-an. Karena pada masa itu, secara berangsur-angsur bermunculan koreografer (penata tari) yang berasal dari berbagai perguruan tinggi seni dan swasta di Indonesia. Salah satunya adalah koreografer Arif Rofiq. Pria berperawakan tinggi, tegap, dan berpenampilan bersahaja ini adalah kelahiran Jombang Jawa Timur tahun 1964.


Arif Rofiq: Koreografer/penari Jawa Timur (Foto: Ist)

Arif Rofiq (57 th.) adalah salah satu koreografer Jawa Timur, sejak lulus kuliah di Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW) Surabaya pada tahun 1991 sepak terjangnya di dunia seni tari terus melejit di berbagai event tingkat nasional maupun internasional.

Reputasi dikancah internasional yaitu terlibat sebagai asisten koreografer Chrissie Parrot dalam pertunjukan berjudul: One Sky pada Festival of Perth, Australia Barat th. 1994.

Pada tahun 1994 mendirikan Raff Dance Company dan sukses mengawal beberapa perhelatan spektakuler di Candra Wilwatikta: Festival Majapahit Internasional tahun 2012, Festival Kesenian Indonesia ke -X dibuka di di Taman Candra Wilwatikta Pandaan Pasuruan Jawa Timur. Festival yang diselanggarakan oleh Dinas Pariwisata Jawa Timur dengan STKW Surabaya ini memiliki dampak positif terhadap profesinya sebagai koreografer.


Arif Rofiq: Koreografer/penari Jawa Timur (Foto: Ist)


            Ketika diminta untuk ikut tampil dalam Bulan Puisi BMS. Arif Rofiq menafsirkan puisi dalam bentuk tari. Sebuah aktivitas kreatif yang sangat langka. Ketidakberlangsungan penampilan dari penghayatannya yang total, bahkan hal itu menjadi pengalaman yang unik dan sangat berkesan.  

Berselang beberapa waktu, Arif Rofiq karyanya diberi judul Syiiran Wayah Pagebluk, dimana syair diambil dari nyanyian kesenian Terbang Laro. Terbang Laro merupakan satu dari belasan kesenian tradisional di Kabupaten Pasuruan. Sebuah kesenian masyarakat pendalungan yang masih bertahan di tengah himpitan kesenian populer. Karya Arif Rofiq di tayangkan pada 23 Juli 2021 di kanal youtube BMS.


Reporter              :  Harda Gumelar
Editor                    : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Arif Rofiq: Koreografer Jawa Timur "