Abdul Muqid Bisa Bayar Kuliah Dari Hasil Ternak Cupang Hanya Dengan Modal 150 Ribu Rupiah

DAMARIOTIMES - Abdul Muqid, laki-laki lajang usia 22 tahun asli kelahiran Kelurahan Mayangan Probolinggo. Muqid sebagai anak orang tidak punya, sudah sejak lama mencari motivasi untuk dapat menghasilkan uang.  Ketika menyaksikan tayangan Youtube, Muqid terinspirasi Deway Gembel yang dapat sebutan presiden cupang Indonesia. Youtuber yang fokus dengan konten budidaya ikan cupang. Daripada itu, Muqid optimis, dapat menggali rupiah dari beternak ikan cupang. Prospek budidaya ikan cupang di desanya mempunyai prospek cukup tinggi.  


Abdul Muqid di area tempat budidaya cupangnya (Foto: Ist)


Budidaya ikan cupang ternyata dapat jadi ladang pekerjaan. Harapan Muqid memang mendapatkan pekerjaan yang modalnya kecil, waktu itu memulai budidaya ikan cupang hanya Rp. 150.000,-. Modal yang kecil itu mulai dibelikan beberapa jenis ikan, jenis cupang gold cooper, silver cooper, flaminggo, dan koi copper. Perlu diketahui, bahwa ikan cupang ini merupakan jenis ikan hias yang banyak digemari oleh anak-anak. Warnanya yang menarik, dan mudah cara menangkarkan.

Ketika Damariotimes, mendatangi rumah Abdul Muqid Jl. KH. Hasan Gg. Kemangi Kota Probolinggo. Pria lajang ini optimis ingin menjadi sarjana ekonomi di Universitas Negeri Jember. Biar dapat mengangkat derajat orangtuanya dimata tetangga-tetangganya.

Bahkan satu tahun berselang ini. Pada saat Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia, termasuk di Probolinggo. Sehingga mengharuskan pulang kampung, perkuliahannya dilakukan secara daring. Tentunya waktu-waktu yang membosankan itu dapat konsentrasi diri secara penuh dalam membudidayakan ikan cupang.

Usaha budidaya ikan cupang yang dirintis Muqid sejak tahun 2019. Benar-benar dapat dirasakan. Sedikit demi sedikit mampu membiayai kuliah, bahkan berbagai kebutuhan jajan dan mentraktir teman. Sudah barang tentu juga membantu orang tuanya. Lumayan dari bulan pertama, pendapatan yang mampu dikumpulkan pada bulan pertama Rp. 300.000,- dan terus meningkat, saat ini sudah mulai lumayan. Sambil tersenyum, tampak Abdul Muqid merasa bangga dan puas terhadap usahanya.

Omset penjualan cupang itu meningkat, sudah barang tentu sering dengan persebaran dari mulut teman-teman dekat, saudara, tetangga, dan kini sudah mulai dikenal di desanya. Nama Muqid cupang telah dikenal dibeberapa toko ikan, dan penjual ikan cupang keliling.  Jika ada yang berminat dapat follow instagram muqid


Konteributor      : Nur Ramadani
Editor                    : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Abdul Muqid Bisa Bayar Kuliah Dari Hasil Ternak Cupang Hanya Dengan Modal 150 Ribu Rupiah "