Walikota Malang: Sutiaji Pamit Dihantar 90 Penari Guru Se Kota Malang

        Damariotimes. Malang, Jumat, 22 September 2023. Akhir masa jabatan walikota Malang: Sutiaji. Dihantar 90 penari guru-guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se kota Malang.

Koreografi Sekar Kencana Jati menghantar Sutiaji Pamit akhiri Masa Jabatan Walikota Malang (Foto ist.)

        Para guru-guru sekolah tersebut sudah dibekali oleh Dinas Kebudayaan Kota Malang sejak bulan Maret tahun 2023. Mereka mendapatkan pembekalan pengetahuan tentang wayang topeng oleh Dr. Robby Hidajat, M.Sn. dari Universitas Negeri Malang dan instruktur wayang topeng dari Desa Kedungmongo; Tri Handoyo.
        Pada bulan September 2023 ini, menjelang akhir masa bakti jabatan walikota Malang; Sutiaji. Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang berinisiatif menyiapkan koreografi, materi yang digunakan adalah keterampilan yang telah dilatihkan pada guru-guru SD dan SMP tersebut.
Berfoto setelah selesai pementasan di depan Balai Kota Malang (Foto ist.)
        Dengan berbagai hal, dan juga seleksi kemampuan para guru tersebut, maka terhimpun 90 penari untuk disiapkan menghantar Walikota Malang; Sutiaji menuju tempat tinggalnya, untuk memulai aktivitasnya yang baru sebagai masyarakat kota Malang.
        Kepala Dinas Kota Malang, melalui sub Din Kebudayaan: Dian Kuntari menyiapkan tari penghantar akhir Jabatan tersebut dengan judul: Sekar Kencana Jati. Koreografi tersebut disiapkan secara teknis oleh Dr. Robby Hidajat, M.Sn. Dengan pertimbangan agar tampilan para guru-guru sekolah tersebut mampu dikondisikan penampilannya secara maksimal. Adapun koreografi Sekar Kencana Jati tersebut menceritakan tentang barisan penghormatan bagi Pahlawan yang telah mengharumkan nama bangsa dan negara. Grebeg adalah barisan prajurit yang dipimpin oleh seorang senapati, Sabrang merupakan tempat yang jauh; simbol pengharapan kemulyaan; Sekar Kencana adalah bunga kehormatan yang berkilau keemasan, dan jati adalah kemurnian. Grebeg Sabrang Sekar Kencana Jati adalah penghormatan yang sejati atau murni bagaikan bunga berwarna kemilau keemasan untuk mengelu-elukan jasa dari pimpinan yang memiliki dedikasi yang tinggi pada bangsa dan negara.

 

Reporter  : H. Gumelar

Editor      : Muhammad Afaf Hasyimy

 

 

Posting Komentar untuk "Walikota Malang: Sutiaji Pamit Dihantar 90 Penari Guru Se Kota Malang"